Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Beli Konsumen Naik, Rumah Harga Rp 1 Miliaran Makin Dilirik

Kompas.com - 19/05/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daya beli masyarakat pada kuartal pertama tahun 2023 terlihat meningkat.

Berdasarkan data dari Rumah.com Indonesia Property Market Report Q2 2023, konsumen tampak melirik properti dengan harga di atas Rp 1 miliar.

Peningkatan daya beli juga terlihat dari indeks harga properti nasional yang naik 1,7 persen secara kuartalan hingga berada di angka 122,4.

Indeks harga properti ini juga tercatat naik secara tahunan sebesar 7,1 persen. Bahkan capain tersebut terpantau lebih tinggi dibandingkan kuartal keempat 2022.

Pada kuartal sebelumnya, kenaikan indeks harga properti per kuartalan dan tahunan secara berturut-turut adalah 1 persen dan 5,8 persen.

Beralih ke suplai, terjadi stagnansi di sisi ini. Indeks suplai berada di angka 226,8 yang turun tipis dibandingkan kuartal lalu dan naik 6,6 persen secara tahunan.

Kemudian pertumbuhan positif juga terlihat dari indeks permintaan yang naik 14,5 persen secara kuartalan. Sebelumnya, indeks permintaan sempat turun hingga 20 persen.

Namun demikian, indeks permintaan kuartal ini masih lebih rendah dibandingkan dengan kuartal sama tahun lalu sekitar -14,6 persen.

Baca juga: Tiga Bulan Pertama 2023, Penjualan Rumah Terkontraksi

Terkait hal ini, Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengatakan bahwa dinamika indeks permintaan dapat menjadi indikasi bahwa minat konsumen terhadap properti telah kembali.

Pertumbuhan dirasa masih kurang maksimal karena perhatian masyarakat masih terbagi oleh persiapan Lebaran 2023.

"Dampak Idul Fitri diperkirakan akan lebih terasa pada kuartal depan," tutur Marine.

Meski begitu, pasar properti kuartal berikutnya juga diperkirakan positif seiring dengan stabilitas makroekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com