Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2023, 09:13 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) tengah dikebut seiring dengan rencana perpindahan pemerintahan tahap pertama pada tahun 2024 mendatang.

Dalam pelaksanaan proyek, Otorita IKN (OIKN) menjamin keamanan satwa liar yang berada di sekitar lokasi pembangunan.

Salah satu yang tengah menjadi fokus adalah rencana pembangunan koridor satwa di Jalan Tol IKN, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Kedua segmen tol yang bakal menjadi penghubung IKN, Balikpapan dan Pusat Industri Kariangau tersebut akan melintasi 4 koridor satwa di sekitar Sungai Wain.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) OIKN Myrna Asnawati Safitri mengatakan, pihaknya kini tengah membuat komitmen kebijakan perlindungan satwa di IKN.

Sehubungan dengan rencana ini, OIKN mengundang berbagai instansi seperti Kementerian PUPR, Kementerian LHK, BRIN, WWF, ADB, dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga: Sudah Pilih Logo IKN? Voting Terbuka Berlanjut hingga 20 Mei 2023

Tujuannya adalah untuk berkoordinasi serta mendapatkan masukan terkait rencana koridor satwa yang telah dirancang oleh Kementerian PUPR.

"Untuk mewujudkan usaha pelestarian satwa liar tersebut diperlukan rencana atau desain koridor satwa yang baik dan sesuai dengan perilaku satwa liar yang ada," kata Myrna dalam keterangan resminya.

Kepala Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Purnyoto juga menyebut perlu adanya kolaborasi terkait hal ini.

"Perlu adanya masukan atau kerja sama dari para ahli dalam pembuatan koridor satwa yang diharapkan dapat menjadi jalur bagi satwa liar," ujar Purnyoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com