Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Sumsel dan Jambi Bakal Terhubung Tol Bayung Lencir-Tempino

Kompas.com - 18/05/2023, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan ruas Tol Bayung Lencir-Tempino sudah bisa menjadi penghubung Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan Provinsi Jambi pada tahun 2024 mendatang.

Melansir dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Tol Bayung Lencir-Tempino merupakan bagian dari Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi dengan panjang 169,9 km.

Sejauh ini, Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 dan 3 sudah menjalani proses penandatanganan kontrak pembangunan pada Rabu (17/05/2023) lalu.

Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 sepanjang 7,625 km memiliki nilai kontrak Rp 1,615 triliun. Penyedia jasanya Kerja Sama Operasional (KSO) PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, dan PT Jaya Konstruksi.

Sedangkan untuk Seksi 3 sepanjang 15,470 km dengan nilai kontrak Rp 2,759 triliun. Penyedia jasanya adalah KSO PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya, dan PT Brantas Abi Praya.

Untuk sumber pembiayaan pelaksanaan konstruksi kedua kontrak tersebut berasal dari APBN Tahun Anggaran (TA) 2023-2024.

Baca juga: Tol Bayung Lencir-Tempino Segera Dibangun, JTTS Kian Tersambung

Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Triono Junoasmono menyampaikan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian berpesan agar pekerjaan Tol Bayung Lencir-Tempino segera dilakukan.

"Istilahnya tanpa groundbreaking bisa langsung bekerja, dan mempercepat pekerjaan di lapangan. Bapak Presiden juga berharap pekerjaan ini bisa selesai tahun 2024," jelasnya usai menyaksikan penandatangan kontrak Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 dan 3.

Mengenai progres pembebasan lahan, sejauh ini di wilayah Sumsel sudah mencapai 86 persen, sedangkan yang di Jambi 95 persen.

Sementara untuk aspek readiness criteria antara lain studi kelayakan sudah dilakukan pada 2013, serta sudah mengikuti kesesuaian rencana tata ruang wilayah nasional dan rencana tata ruang wilayah provinsi Sumsel dan Jambi.

Pria akrab disapa Yongki itu menambahkan, setelah penandatangan Seksi 1 dan Seksi 3, segera menyusul kontrak pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 2 serta dua paket kontrak pengawasan teknis.

Dirinya mengaku telah berkoordinasi dengan Ditjen Bina Konstruksi agar paket pekerjaan Seksi 2 dan dua paket supervisi tersebut tersebut bisa segera disetujui dan ditandatangan oleh Menteri PUPR pada bulan Juni ini.

"Alhamdulilah (dengan segera dimulai konstruksi Jalan Tol Bayung Lencir Seksi 1 dan 3) pecah telur, Jambi sudah bisa kita mulai. Sehingga seluruh provinsi di Sumatera sudah dilakukan pembangunan jalan tolnya, meskipun secara bertahap," tukasnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi sepanjang 169,9 km dibangun dengan pembiayaan konstruksinya melalui dua skema.

Yaitu melalui Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan Pembiayaan Berkala Berbasis Layanan sepanjang 136,3 Km atau senilai Rp 21,38 triliun, dan Dukungan Konstruksi Pemerintah sepanjang 33,63 Km atau senilai Rp 5,84 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com