Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tujuan Terkait

Simak, Perkembangan Perbaikan 278 Bangunan Publik di Cianjur Pasca-gempa

Kompas.com - 15/05/2023, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya sedang melakukan perbaikan bangunan publik yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Pelaksanaan perbaikan diprioritaskan pada bangunan rusak berat dan sedang, meliputi fasilitas pendidikan, kesehatan, perkantoran, peribadatan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, pelaksanaan perbaikan didasarkan pada hasil Rapat Tingkat Menteri pada tanggal 1 Desember 2022.

"Bangunan yang diperbaiki oleh Ditjen Cipta Karya sebanyak 278 bangunan tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Cianjur," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (15/05/2023).

Baca juga: Ingat, Korban Gempa Cianjur Tak Perlu Bayar Saat Urus Sertifikat Tanah

Tercatat progres pelaksanaan perbaikan pascagempa Cianjur hingga 9 April 2023 adalah penanganan fasilitas kesehatan yang diprioritaskan 4 puskesmas.

Di mana satu puskesmas selesai 100%, yakni Puskesmas Cijedil, dan sisanya dalam tahap konstruksi dengan progres 62,42%. Selanjutnya juga dilakukan perbaikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang dengan progres 85,57%.

Untuk fasilitas pendidikan diprioritaskan penanganan 216 sekolah. Saat ini 29 sekolah telah selesai perbaikan dan sudah dimanfaatkan, sisanya sebanyak 12 sekolah dalam tahap perencanaan, dan sebanyak 175 sekolah tahap konstruksi dengan progres 46,54%.

Gedung perkantoran diprioritaskan penanganan 39 bangunan dengan rata-rata konstruksi sebesar 42,30%. Kemudian penangangan SPAM telah dilakukan perbaikan 10 titik kebocoran pipa dan optimalisasi SPAM dengan progres 70,05%.

Selanjutnya, penanganan fasilitas peribadatan dengan prioritas 3 unit dalam tahap konstruksi, progresnya 16,84%. Terakhir perbaikan TPA dilakukan penutupan ulang dengan progres konstruksi 89,10%.

Selain perbaikan gedung milik pemerintah dan fasilitas public, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga akan menghibahkan sarana prasarana tanggap darurat yang masih tersisa di Cianjur.

Terdiri dari toilet portable hidran umum 54 unit, tenda ukuran 4X6 sebanyak 10 unit, bak sampah bundar 40 unit, dump truck 1 unit, truck angkut 1 unit, truck arm roll 1 unit, mobil vakum tinja 2 unit, dan mobil tangka air akan dipinjam pakai 5 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com