Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pedestrian Marina di Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN

Kompas.com - 08/05/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera merampungkan pembangunan jalur pedestrian atau Promenade Marina Labuan Bajo Zona 4.

Kawasan ini merupakan fasilitas penunjang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo dan Tanamori, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Normansjah Wartabone mengatakan, Promenade Marina Labuan Bajo Zona 4 juga menjadi aksesibilitas pengunjung di area Waterfront Marina Labuan Bajo, serta meningkatkan kualitas area parkir dalam rangka menunjang fungsi Pelabuhan Labuan Bajo ASDP.

"Saat ini progres fisiknya sudah mencapai 87,92 persen. Kementerian PUPR akan terus mempercepat konstruksi sehingga infrastruktur dapat fungsional saat KTT ASEAN," jelas Normansjah, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Senin (8/5/2023).

Pekerjaan konstruksi Pembangunan Promenade Marina Labuan Bajo Zona 4 dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) sejak Februari 2023 dengan anggaran yang bersumber dari APBN TA 2023.

"Lingkup pekerjaan meliputi Pembangunan Promenade di area dermaga Balai TNK, penataan area parkir Pelabuhan Labuan Bajo ASDP, dan penataan lanskap," tambah Normansjah.

Kawasan Labuan Bajo Zona 4 meliputi area taman lanskap seluas 2369,5 meter persegi, area parkir kendaraan besar dan kecil, plaza lanskap seluas 339 meter persegi.

Kemudian, promenade kawasan ASDP seluas 563,5 meter persegi, jalan akses menuju dermaga seluas 982,5 meter persegi, rumah genset, bangunan, serta lahan parkir motor umum.

Baca juga: Ini Sejumlah Persiapan Transportasi Laut Jelang KTT ASEAN Labuan Bajo

Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Diana Kusumastuti menyampaikan, pembangunan di kawasan Labuan Bajo dan Tanamori bukan hanya berperan untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42.

"Tetapi juga meningkatkan kualitas pariwisata, lingkungan, dan ekonomi kawasan yang berkelanjutan," ucapnya.

Sebagai infromasi, sebelumnya Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Puncak Waringin yang diresmikan pada Oktober 2021 dan Waterfront Marina yang diresmikan pada Juli 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com