Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempercepat pencapaian target 126 juta bidang tanah terdata lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Pemerintah mengandalkan teknologi drone.

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh dan dapat membawa kamera, sensor, dan perangkat lainnya untuk mengumpulkan data dan informasi.

Hal ini juga sudah termaktub dalam Petunjuk Teknis PTSL oleh Kementerian ATR/BPN yang dikeluarkan pada 3 Maret 2023.

Dalam ketentuan umum nomor 11 tertulis, Pengukuran Fotogrametris adalah kegiatan pemetaan Bidang Tanah yang dilakukan dengan cara melakukan identifikasi titik batas bidang-bidang tanah dengan menggunakan peta kerja.

Peta kerja ini berupa peta foto hasil pemotretan wahana pesawat udara berawak atau nir-awak (UAV/drone) dengan menarik garis ukur (delineasi) panjangan batas Bidang Tanah yang dapat diidentifikasi dan secara visual terlihat jelas di atas peta foto.

Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR) Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya juga sempat mengatakan, Kementerian ATR/BPN bakal menggunakan drone untuk peta dasar PTSL tahun 2023.

"Kita harapkan PTSL ada peta dasar menggunakan drone. Itu yang kita harapkan berlaku (tahun) 2023 nanti," ujar Virgo, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian ATR/BPN.

Sementara dilansir dari rilis Terra Drone Indonesia yang diterima Kompas.com pada Jumat (28/4/2023), terdapat sejumlah manfaat penggunaan drone untuk mempercepat pengerjaan program PTSL.

Pertama adalah untuk pengumpulan data yang lebih cepat dan akurat. Drone dapat terbang ke wilayah yang sulit diakses atau berbahaya bagi manusia, sehingga memungkinkan pengumpulan data yang lebih lengkap dan detail.

Baca juga: BPN Jakbar Dinilai Bisa Jadi Rujukan Layanan Pertanahan

Selain itu, drone juga dapat membawa kamera dan sensor yang dapat mengambil gambar dan data tanah dengan lebih akurat dan detail dibandingkan dengan cara manual.

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com