Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Lalu Lintas Padat, "One Way" dari Semarang ke Cikampek Masih Berlanjut

Kompas.com - 27/04/2023, 12:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi kepolisian, rekayasa lalu lintas one way dari Semarang hingga Cikampek masih tetap berlanjut hingga Kamis (27/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Namun, apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal berakhirnya masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Semarang ke Jakarta maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali.

Sebelumnya, one way dijadwalkan selesai pada Rabu (26/04) pukul 24.00 WIB. Namun, berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang masih meningkat dari arah timur (Tol Trans-Jawa) menuju ke arah Jakarta maka akan dilanjutkan hari ini (Kamis).

Baca juga: Bakal Ada Diskon, Tarif Tol dari Semarang ke Jakarta Jadi Rp 297.600

Saat ini one way diberlakukan dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan Km 72 Cikampek.

Selain one way, saat ini juga masih diberlakukan contraflow dua lajur dari Km 72 Cikampek sampai dengan Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

 

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, untuk pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Tol Trans-Jawa akan dialihkan keluar di GT Cikampek Km 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional pantura.

“Sementara itu, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal,” ujarnya.

Baca juga: Mulai 27 hingga 29 April 2023, Ada Diskon Tarif Tol dari Astra

Ia juga mengimbau pengendara untuk menyiapkan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama.

Pada periode arus balik, Jasa Marga bersama badan usaha jalan tol lainnya juga akan memberikan diskon tarif 20 persen untuk Jalan Tol Trans-Jawa.

Diskon ini berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang sampai dengan Jakarta, dengan melakukan tap in di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan tap out di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Besaran tarif setelah diskon adalah Rp 297.600 untuk kendaraan golongan I (semula Rp 372.000).

Jasa Marga juga memberikan diskon 20 persen bagi pengguna jalan dari/menuju arah Bandung untuk tarif tol terjauh Jakarta-Cikampek di GT Kalihurip Utama, yaitu sebesar Rp 16.000 untuk kendaraan golongan I (semula Rp 20.000).

Diskon 20 persen untuk periode arus balik ini akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com