Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 7 Hari Jelang Lebaran, Setengah Juta Mobil Lintasi Tol Cipali

Kompas.com - 19/04/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali mencatat, sebanyak 535.000 kendaraan melintasi Tol Cipali sejak H-10 hingga H-4 Lebaran 2023.

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali Sri Mulyo mengatakan, khusus pada Selasa, 18 April 2023, sebesar 102.000 kendaraan telah melintasi Tol Cipali.

"Dengan peningkatan arus lalu lintas (lalin) di Tol Cipali sejak kemarin malam, pemberlakuan one way (satu arah) yang semula sampai dengan pukul 00:00 WIB, diperpanjang sampai dengan siang ini," ucap Sri dalam rilisnya, Rabu (19/4/2023).

Baca juga: Dalam 5 Hari Jelang Lebaran, 433.000 Kendaraan Lintasi Tol Cipali

Hal ini dilakukan karena arus lalin yang melintasi Tol Cipali terpantau terus mengalami kenaikan sampai dengan siang ini.

Terkait keputusan waktu pemberlakuan sistem satu arah, ini sesuai dengan arahan Korlantas Polri.

"Astra Tol Cipali mengimbau kepada para pengguna jalan untuk tidak berhenti di bahu jalan untuk beristirahat," tegas Sri.

Tujuannya, demi menghindari kepadatan arus lalin selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Kami mengimbau apabila kondisi di rest area sudah memasuki batas maksimal, dapat segera keluar gerbang tol terdekat untuk dapat beristirahat atau sekadar mengisi bahan bakar kendaraan," sambung Sri.

Adapun arus lalin di Tol Cipali memasuki puncak arus mudik lebaran 2023 pada Rabu, 19 April 2023 atau diprediksi meningkat 19 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Sri mengungkapkan, dengan prediksi kendaraan yang melintas sebesar 121.000 kendaraan.

"Terpantau sejak Rabu malam, volume arus lalin yang melewati Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) sebesar 6.000 kendaraan per jam," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com