Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mudik ke Sumatera via Darat? Begini Kemantapan Jalannya

Kompas.com - 01/04/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki pertengahan bulan Ramadhan, kemantapan jalan tol dan non-tol atau nasional terus disiapkan agar bisa melayani pemudik Lebaran dengan baik.

Khusus di Pulau SumateraJalan Nasional Trans-Sumatera sepanjang 7.918 kilometer terbagi menjadi beberapa bagian dengan kondisi kemantapan yang berbeda-beda.

Jalan Lintas Barat 2.562 kilometer dinyatakan ada dalam kondisi mantap 97 persen, Jalan Lintas Timur 3.019 kilometer dalam kondisi mantap 95 persen, dan Jalan Lintas Tengah 2.338 kilometer dengan kondisi mantap 93 persen.

Sedangkan untuk Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang telah beroperasi ada sepanjang 738 kilometer.

Di dalamnya tersedia tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area sejumlah 27 unit dengan rincian 20 TIP tipe A dan 7 TIP tipe B.

Sementara untuk ruas tol yang beroperasi secara fungsional, antara lain Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Kutobaro-SS Baitussalam sepanjang 12,4 kilometer.

Kemudian, ada Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Kuala Tanjung-Pematang Siantar sepanjang 96,5 kilometer.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan, Kementerian PUPR terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, BUJT, serta kementerian atau lembaga terkait.

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing Siap Dukung Mudik Lebaran 2023

Pihaknya juga akan melakukan antisipasi peningkatan jumlah pengguna jalan menjelang Lebaran 2023 demi kenyamanan pelayanan jalan nasional dan jalan tol.

"Kementerian PUPR akan terus melakukan evaluasi dengan pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan dan untuk perbaikan layanan, khususnya transportasi jalan dalam menghadapi persiapan Lebaran pada tahun ini," kata Hedy, dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jumat (31/3/2023).

Dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan, Kementerian PUPR menyiapkan beberapa upaya.

"Pertama, melalui dukungan kondisi operasional dan kemantapan jalan serta TIP atau rest area. Kemudian, dukungan operasional manajemen lalu lintas, serta dukungan untuk kenyamanan pengguna jalan," tandas Hedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com