Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemantapan Lintas Pansela Jawa Hampir Sempurna, Siap Sambut Pemudik

Kompas.com - 31/03/2023, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain jalan tol, Pemerintah juga menyiapkan jalan nasional atau jalan non-tol untuk mudik Lebaran tahun 2023.

Untuk jalan nasional di Pulau Jawa sepanjang 4.821 kilometer terbagi atas Lintas Utara Jawa atau yang dikenal dengan sebutan Jalur Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Selatan Jawa atau Jalur Pantai Selatan (Pansela).

Berdasarkan informasi dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kamis (30/3/2023), kemantapan Lintas Pansela sepanjang 1.543 kilometer telah mencapai 93 persen atau hampir sempurna.

Sementara untuk Lintas Pantura sepanjang 1.192 kilometer kondisi kemantapannya telah mencapai 92 persen.

Khusus untuk Pansela di sepanjang Jawa Barat, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian mengatakan bahwa tidak ada isu kritis menjelang arus mudik Lebaran kali ini atau bisa dinyatakan aman dilalui.

"Secara umum aman. Memang kalau sekarang masih ada beberapa lubang karena cuacanya yang belum bersahabat," jelas Wilan saat dihubungi Kompas.com.

Kondisi Jalur Pansela Jabar akan diupayakan bebas lubang dengan sejumlah perbaikan yang terus dikebut saat ini.

"Kondisi aman semua. Kami upayakan zero potholes," imbuh Wilan.

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing Siap Dukung Mudik Lebaran 2023

Di sisi lain, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan, Kementerian PUPR terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, BUJT, serta kementerian atau lembaga terkait.

Pihaknya juga akan melakukan antisipasi peningkatan jumlah pengguna jalan menjelang Lebaran 2023 demi kenyamanan pelayanan jalan nasional maupun jalan tol.

"Kementerian PUPR akan terus melakukan evaluasi dengan pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan dan untuk perbaikan layanan, khususnya transportasi jalan dalam menghadapi persiapan Lebaran pada tahun ini," kata Hedy.

Dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan, Kementerian PUPR menyiapkan beberapa upaya.

"Pertama melalui dukungan kondisi operasional dan kemantapan jalan serta Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. Kemudian dukungan operasional manajemen lalu lintas, serta dukungan untuk kenyamanan pengguna jalan," tandas Hedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com