Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalin Bakal Menantang, Jasa Marga Siap Optimalkan Layanan Tol saat Mudik

Kompas.com - 24/03/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, terutama dalam mengantisipasi peningkatan mobilitas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Hal ini diwujudkan dari terlaksananya Kick Off Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Hari Raya Idul Fitri 1444 H/Lebaran 2023 di lapangan Museum Purna Bhakti, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara Kick Off Jasa Marga Siaga Hari Raya Idul Fitri 1444 H menyampaikan, di Lebaran 2023, kondisi lalu lintas (lalin) diproyeksikan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu, baik pada periode arus mudik maupun arus balik.

Mengingat, saat ini situasi telah berangsur normal dari Pandemi Covid-19. Sehingga, tidak lagi ada pembatasan mobilitas.

Baca juga: Video Viral Mobil Damkar Tak Boleh Masuk Tol Jatiwarna, Ini Respons Jasa Marga

Untuk itulah, penanganan arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini akan lebih menantang.

"Sehingga, Jasa Marga perlu mengantisipasi dan menyiapkan strategi pelayanan operasi lebih matang untuk mewujudkan Mudik Aman Berkesan, seperti yang diamanatkan Pemerintah," tutur dia dalam rilis, Jumat (24/3/2023).

Ada sejumlah aspek yang harus menjadi fokus tim Satgas Jasa Marga Siaga di antaranya, memastikan kesiapan pelayanan operasi di gerbang tol (GT), rest area dan sepanjang jalur tol.

Selanjutnya, pemenuhan seluruh substansi Standar Pelayanan Minimal (SPM), membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol selama masa operasional layanan Lebaran yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas, dan mengendalikan kepadatan.

Tak lupa memastikan kebersihan dan fasilitas layanan yang memadai di rest area, memastikan kesiapan layanan operasi jalur fungsional, hingga mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam memantau dan mengolah data kondisi lalin terkini.

“Tidak hanya yang bersifat reguler, tim Satgas Jasa Marga Siaga juga harus mengantisipasi penanganan kondisi darurat dengan tetap memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, terutama di titik-titik rawan kepadatan lalin, genangan, hingga longsor. Sehingga, penanganan dapat dilakukan lebih cepat,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com