Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mambruk Hotel & Convention Raup Dua Sertifikat Sekaligus dari TUV Nord

Kompas.com - 16/03/2023, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mambruk Hotel & Convention di Anyer, Banten, yang dikembangkan oleh Griya Idola dari Barito Pacific, resmi meraih sertifikat Hazard Analysis & Critical Control Point (HACCP).

Sertifikat HACCP ini diberikn oleh lembaga audit internasional, TUV Nord, organisasi internasional yang berpusat di Jerman dan telah tersebar di 70 negara di dunia, salah satunya Indonesia.

Setelah melalui berbagai tahapan audit dan penilaian HACCP pada 9-13 Januari 2023, Mambruk Hotel & Convention dinyatakan memiliki kualitas tinggi dalam persiapan, pengolahan dan penyajian produk pangan.

Baca juga: PHRI Jakarta Anggap Penerapan CHSE Hanya Gimmick

Selain sertifikasi HACCP ini, kredensial serupa yaitu sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environmental, Environmental Sustainability (CHSE) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan & Kelestarian Lingkungan, juga diperoleh dari lembaga yang sama.

Sejatinya, kredensial CHSE ini sudah didapatkan dari Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, tepatnya sejak kuartal akhir 2020.

Dengan demikian, sertifikasi CHSE dari TUV Nord menjadi validasi atas konsistensi dan standarisasi CHSE di Mambruk Hotel & Convention.

General Manager Mambruk Hotel & Convention Budi Ramli merasa bangga atas pencapaian yang didapat hotel bintang empat ini.

"Bagi para masyarakat yang belum pernah berkunjung, kini tidak perlu lagi khawatir, sertifikasi HACCP dan re-sertifikasi CHSE ini merupakan jaminan standar kesehatan pangan dan pelayanan, yang telah dijalankan secara konsisten, sistematis dan komprehensif di Hotel Mambruk," ujar Budi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (15/3/2023).

Mambruk Hotel & Convention merupakan resor tepi pantai yang dilengkapi berbagai fasilitas yang baru direnovasi, termasuk di antaranya Infinity Restaurant, pusat kebugaran, ruang meeting, gedung pertemuan, Lighthouse Bar, serta water sport.

"Ini adalah prestasi tersendiri bagi Mambruk Hotel yang bisa mendapat dua sertifikasi sekaligus, terutama standarisasi HACCP yang biasanya diterapkan oleh hotel internasional berbintang lima," cetus Budi.

Dia berharap, capaian sertifikasi ini dapat menjadi standar panduan bagi para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi wisata di Indonesia dengan aman, nyaman dan tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com