Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, META Tak Lagi Miliki Saham Terminal Kargo di Pelabuhan Panjang

Kompas.com - 14/03/2023, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui anak usahanya PT Portco Infranusantara (PORTCO) telah menyelesaikan seluruh proses divestasi atau pelepasan seluruh kepemilikan saham PT Intisentosa Alambahtera (ISAB) pada 10 Maret 2023.

ISAB merupakan pemegang konsesi dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) untuk pembangunan dan pengoperasian terminal kargo kering dan basah di Pelabuhan Panjang, Lampung, dengan menggunakan dan mengelola lahan tambahan untuk pelayanan penyimpanan tangki.

Seluruh jumlah saham yang dilepas berjumlah 60.174 saham atau 39% kepada PT LDC Indonesia selaku pembeli, dengan nilai transaksi sebesar 5,7 juta Dollar AS atau setara Rp 87,6 miliar.

Pada tanggal yang sama, PORTCO juga menerima 2,2 juta Dollar AS atau setara Rp 33,8 miliar, sebagai pelunasan pembayaran pinjaman pemegang saham dari ISAB.

Baca juga: Cerita META Meminang Jasa Marga dengan Mahar Rp 4,38 Triliun untuk Gadis Cantik Jalan Layang MBZ

Head of Corporate Communication & CSR Nusantara Infrastructure, Indah D.P. Pertiwi mengatakan, pelepasan seluruh kepemilikan saham di sektor pelabuhan melalui anak usaha merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat struktur permodalan dan ekspansi bisnis inti.

"Kepemilikan saham juga terbilang minority shareholders karena hanya sebesar 39%," ujarnya dalam rilis pers, Selasa (14/03/2023).

Ke depan, META terus berkomitmen untuk mendukung infrastruktur melalui berbagai proyek strategis yang berkelanjutan di berbagai sektor.

Selain renewable energy dan air bersih, saat ini portofolio terbesar masih pada sektor jalan tol yang berada di wilayah urban atau perkotaan.

Lalu pada tahun 2023, beberapa proyek strategis yang sedang dikerjakan oleh Nusantara Infrastructure, di antaranya proyek peninggian jalan Tol BSD di KM 8, proyek weaving Serpong Ramp Juction di KM 10, pembangunan akses Makassar New Port (MNP) sepanjang 3,2 km di Makassar, dan proses tender Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+