Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riwayat Hotel Sultan, Pernah Jadi Bagian Hilton International

Kompas.com - 05/03/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelolaan Hotel Sultan oleh PT Indobuildco dinyatakan berakhir pada Jumat (3/3/2023).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pengawas Pengelolaan Kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno (PPK GBK) Edward Omar Sharif Hiariej.

"Ya seperti tadi kami sampaikan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) telah membentuk tim transisi. Bagaimana ke depannya kami, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) serta PPK GBK dengan iktikad baik mengundang PT Indobuildco untuk membicarakan hal ini," ujar Edward, seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Oleh karena itu, Kemensetneg telah membentuk Tim Transisi Pengelolaan Blok 15 Kawasan Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK) untuk memanfaatkan lahan bagi kepentingan negara. 

Lanjut Edward, pihaknya telah menyurati Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang menangani perkara Nomor 71/G/2023/PTUN.JKT untuk menyampaikan informasi kepemilikan Kemensetneg atas Blok 15 Kawasan GBK tempat Hotel Sultan berada.

Putusan Peninjauan Kembali perkara perdata Nomor 276PK/Pdt/2011 tanggal 23 November 2011 (PK 1) atas sengketa lahan Hotel Sultan di Blok 15 Hak Pengelolaan (HPL) No. 1/Gelora a.n. Kemensetneg cq. PPK GBK telah dinyatakan final dan mengikat.

"Putusan PK 1 tersebut menetapkan bahwa Blok 15 berada di atas HPL No. 1/Gelora dan secara sah dimiliki oleh negara, dalam hal ini Kemensetneg," tegas Edward.

Baca juga: Cuma Ada Tambahan 5 Hotel Baru di Jakarta, Nih Daftarnya

Hotel yang berdiri sejak 1976 tersebut awalnya masuk ke dalam jaringan Hilton International Hotel.

Namun, sejak 2006 terjadi pemutusan kontrak kerja sama, sehingga nama pun berubah dari Jakarta Hilton International Hotel menjadi The Sultan.

Memiliki 1.104 kamar, 9 ruang banquet, dan sebuah ballrom, hotel ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi lainnya.

Untuk ragam kamar, ada beberapa pilihan yang ditawarkan yakni deluxe room, suite room, lanais room, residence hingga penthouse.

Sementara tarif menginap di sini dimulai dari Rp 1,2 juta per malam untuk kamar deluxe hingga Rp 133,1 juta per malam untuk penthouse.

Hotel Sultan yang berada di bilangan Jalan Gatot Subroto, Jakarta ini, merupakan satu dari puluhan hotel bintang lima yang ada di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com