Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobocabin IKN Resmi Meluncur, Akomodasi Penginapan untuk Pemerintah

Kompas.com - 03/03/2023, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada beberapa waktu lalu.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah, Presiden menjajal penginapan berkonsep kabin milik Bobobox pada 23 Februari 2023, yakni Bobocabin IKN.

Informasi ini diketahui lewat unggahan foto akun Instagram Bobocabin @bobocabin pada 24 Februari 2023 yang menunjukkan Jokowi tengah duduk santai di depan kabin.

CEO Office Bobobox Adistyana Damaranti mengatakan, saat ini Bobocabin IKN baru dibuka untuk Pemerintah yang melakukan kunjungan kerja atau meninjau proyek IKN, sehingga belum dibuka untuk umum.

Bobocabin IKN terletak di Titik Nol Nusantara yang berada dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Titik Nol Nusantara, dipilih sebagai KIPP IKN, sehingga dapat mendukung produktivitas pejabat publik," jelas Adis saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (2/3/2023).

Lanjut Adis, tersedia 17 kabin tipe Deluxe di Bobocabin IKN yang siap memberikan akomodasi penginapan untuk pejabat publik.

Sementara dari sisi desain, setiap unit Bobocabin hadir dengan sistem konstruksi prefabrikasi dan modular untuk menghindari kontak langsung bangunan dengan tanah.

Baca juga: Menakar Potensi Bisnis Glamping di Indonesia

"Cabin kami juga dibuat dengan bahan baku lokal dan dilengkapi dengan fasilitas compact yang mendukung produktivitas pejabat publik saat berkunjung ke IKN," imbuh Adis.

Saat ini, Bobobox telah membuka Bobocabin di 9 lokasi, antara lain Bobocabin Signature Kaldera Toba, Gunung Mas, Ranca Upas, Cikole, Baturraden Purwokerto, Padusan Mojokerto, Coban Rondo Malang, Kintamani Bali, dan IKN.

"Ke depannya Bobocabin kami fokus berekspansi dan mengembangkan ekosistem pariwisata baru, contohnya seperti di Sumba, Pangalengan, Madasari dan Sukawarna," tutup Adis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com