Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Puncak Kebutuhan Avtur di Bandara Silangit

Kompas.com - 27/02/2023, 19:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Selama kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba berlangsung, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) mengirim Avgas 100LL sebanyak 8.000 liter untuk bahan bakar perahu.

Lalu, menyuplai BBM industri prioritas sebanyak 5.000 liter untuk kebutuhan operasional PLN, kapal penyebrangan, dan pariwisata.

Selain itu, mengirim Pertamax Turbo sebanyak 500 liter untuk bahan bakar kendaraan operasional dan boat rescue event.

"Puncak kebutuhan Avtur Bandara Silangit terjadi pada 26 dan 27 Februari dengan estimasi meningkat lebih kurang 33 persen atau 22,6 Kilo Liter dari kebutuhan 17 KL per hari," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/02/2023).

Baca juga: 24 Jalan dan Jembatan Beres Ditangani, Anda Bisa ke Danau Toba dengan Mudah

Mengantisipasi lonjakan kebutuhan tersebut, dilaksanakan peningkatan ketahanan stok DPPU Silangit dari coverage days 4 hari menjadi 6,5 hari.

Pertamina menjamin ketersedian Avtur, BBM serta LPG untuk masyarakat dan pengunjung event F1H2O.

Membuka layanan khusus berupa SPBU Siaga, SPBU Kantong dan Pertamina Delivery Service (PDS) motoris. SPBU Siaga dan PDS motoris berada di Balige, Silangit, Laguboti dan Porsea.

Kemudian menyiagakan lima unit SPBU Siaga dan dua unit Pertashop di beberapa titik terdekat dengan lokasi event.

Penyediaan dua SPBU kantong di Silangit dan Laguboti untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM dan mempersingkat waktu distribusi BBM dari fuel terminal ke SPBU.

BBM disuplai dari TBBM Pematangsiantar, TBBM Kisaran, dan TBBM Medan Group.

"Kami juga menyediakan empat unit PDS motoris di beberapa SPBU. Mengantisipasi bila terjadi kemacetan, layanan ini memudahkan membawa BBM untuk kendaraan yang membutuhkan," tandas Freddy.

Sanitasi untuk 10 desa wisata

Selain menyukseskan kejuaraan dunia perahu motor Formula 1, Pertamina juga berkontribusi memajukan kawasan Toba dengan memberi modal usaha kepada 66 UMKM, total pinjaman Rp 6,3 miliar.

Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Erry Widiastono didampingi Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar mengatakannya saat menerima kunjungan kerja Komisi 6 DPR ke Provinsi Sumut di Parapat, Sabtu (25/6/2023) petang.

Baca juga: Jalan Bandar Klipa Rusak Parah, LBH Medan Surati Bupati dan Kadis PUPR Deliserdang

"Kami melatih peningkatan soft skill dan keikutsertaan UMKM mitra binaan dalam event-event BUMN. Mengedukasi dan memberi bantuan sanitasi di 10 desa wisata di sekitar Danau Toba, berkolaborasi dengan BUMN lainnya," ujar Erry.

Ke-10 desa tersebut adalah Kabupaten Toba (Tarabunga, Lintong Nahuta, Meat dan Sigapiton); Kabupaten Tapanuli Utara (Hutaginjang, Aritonang, Bariba Niaek, Simangulampe dan Tipang); Kabupaten Humbanghasundutan dengan Desa Pearung.

Hadir dalam reses tersebut, Wakil Ketua Komisi 6 DPR Martin Manurung, anggota komisi Evita Nursanty, Harris Turino, Tommy Kurniawan, Muslim, Rafli dan Deddy Yevri Hanteru Sitorus.

Mereka mengapresiasi upaya Pertamina mendukung event F1 Powerboat 2023. Kejuaraan terselenggara berkat kolaborasi Kementerian BUMN dan beberapa BUMN terkait, berdampak kepada masyarakat lokal.

"Saya pikir dari sisi sinergisitas BUMN sudah baik. Pertamina akan menambah ketersediaan BBM untuk seterusnya, jadi bukan hanya event ini saja," pungkas Martin Manurung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com