Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Diisi Pedagang, Ini Fasilitas Baru di Pasar Aksara Medan

Kompas.com - 13/02/2023, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa Pasar Aksara di Kota Medan, Sumatera Utara mulai diisi oleh pedagang.

"Saya mendapat kabar dari Pemerintah Kota Medan bahwa Pasar berangsur terisi oleh pedagang, semoga bisa lebih cepat dan banyak keuntungan dan kemakmuran yang bisa diraih disini," terang Jubir Endra, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Senin (13/2/2023).

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan kembali Pasar Aksara yang sempat terbakar pada tahun 2016 lalu.

Lokasi Pasar Aksara baru berada di Kabupaten Deli Serdang di Jalan Mesjid, kawasan Medan Estate atau sekitar 5 kilometer dari lokasi pasar lama yang berada di Simpang Jalan Aksara, Kota Medan.

Pembangunan kembali Pasar Aksara dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat dengan mengedepankan konsep bangunan hijau sehingga menjadi bangunan yang andal, bersih, tertata, dan lebih estetis.

Bangunan baru Pasar Aksara dibangun di atas lahan seluas 6.388 meter persegi dengan luas bangunan 11.801 meter persegi.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Syafriel Tansier mengatakan pasar ini dapat menampung sebanyak 707 kios dan lapak.

Meliputi, 217 kios di lantai basement, 172 kios di lantai 1, 198 lapak dan 72 kios di lantai 2, serta 48 lapak di lantai mezzanine.

Baca juga: Telah Diresmikan Jokowi, Ini Perubahan Baru Pasar Sukawati Bali

"Hingga 9 Februari 2023, yang sudah dihuni pedagang sebanyak 123 kios," jelas Syafriel.

Selain gedung pasar beserta kios-kiosnya, dibangun juga berbagai fasilitas pelengkap seperti toilet, sarana ibadah, pos jaga, dan kantor pengelola.

"Kami berharap pengelola pasar dan pedagang dapat memanfaatkan pasar ini beserta fasilitasnya dengan baik karena harapan kita ada keberlanjutan masa pakai yang lama dari pasar ini," imbuh Syafriel.

Sebagai informasi, Pasar Aksara dibangun oleh BPPW Sumatera Utara Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR melalui pendanaan APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp 97,85 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com