Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani di Bangka Belitung Mulai Gunakan Abu Batu Bara untuk Kesuburan Tanah

Kompas.com - 09/02/2023, 06:30 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Sisa pembakaran batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulai digunakan untuk meningkatkan kesuburan lahan di Bangka Belitung.

Salah satunya pemanfaatan FABA dilakukan di lahan persawahan padi di Desa Namang, Bangka Tengah.

Kepala Desa Namang Zaiwan mengatakan, lahan seluas 60 hektar disiapkan untuk tanaman padi sawah.

Saat proses pematangan lahan, petani menggunakan sekitar 1 ton FABA untuk meningkatkan unsur hara pada tanah.

Baca juga: Bangka Belitung Hasilkan 1.950 Ton FABA Per Bulan, Ini Ragam Manfaatnya

"Sekarang ini produksi padi sawah mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga, bahkan belakangan ini sebagian petani sudah berhasil menjual hasil panen mereka karena produksi padi sudah mulai banyak," kata Zaiwan pada awak media, Rabu (8/2/2023).

Pemanfaatan FABA sebanyak 5 ton per hektar diyakini mampu meningkatkan panen sebesar 15 persen. Namun karena saat ini pemanfaatan FABA di Desa Namang masih tahap uji, Zaiwan belum bisa memastikan dampak yang dihasilkan.

Menurut Zaiwan, saat panen raya beberapa waktu lalu, FABA yang digunakan berkisar 1 ton. Sementara lahan yang diusahakan terbilang luas.

Meskipun demikian, hasil panen cukup menggemberikan yakni mencapai 11,5 ton per hektar untuk varietas hibrida jenis Ciputri dan 8,64 ton untuk varietas lokal padi merah.

"Alhamdulillah masyarakat antusias, sawah di sini tidak hanya sebagai sumber pangan bagi warga setempat tetapi juga menjadi potensi pariwisata di Bangka Tengah," ujar Zaiwan.

General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung Ajrun Karim mengatakan, Desa Namang merupakan salah satu desa binaan PLN yang dibina melalui program PLN Peduli dalam bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

"Pembinaan yang kami lakukan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dan penguatan sarana prasarana, salah satunya pemberian bantuan bibit padi dan juga pemanfaatan pupuk yang berasal dari FABA," kata Ajrun.

Dia mengatakan, PLN UIW Babel akan terus mendukung masyarakat Desa Namang yang terus konsisten dalam program penanaman padi tersebut agar mereka semakin produktif dan mampu terus meningkatkan perekonomian di desa.

"Semangat masyarakat Desa Namang untuk terus konsisten menanam padi membuat kami tergerak mendukung program penanaman padi ini. Kami harap mereka bisa terus berdaya dan mandiri," pungkas Ajrun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com