Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Tanah Abang Akan Direvitalisasi, Pemprov DKI Pakai Lahan Kemenhub

Kompas.com - 08/02/2023, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana merevitalisasi Stasiun Tanah Abang.

Bahkan turut meminta lahan Kemenhub untuk dibangun stasiun sentral atau stasiun pengganti Stasiun Tanah Abang.

Rencana itu menjadi salah satu pembahasan rapat koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kemenhub pada Selasa (07/02/2023).

Menhub Budi Karya Sumadi menyetujui pengembangan Stasiun Tanah Abang lebih baik dengan fasilitas yang lebih lengkap. Karena bisa menjadi ikon baru yang menarik perhatian masyarakat.

"Kemenhub memiliki tanah sekitar 4 hektar atau sekitar 500 meter dari Stasiun Tanah Abang yang sekarang. Pemprov DKI sudah minta akan membangun dan juga memperbaiki lingkungannya," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: September 2024, Ada Rute Baru LRT Jakarta Velodrome-Manggarai

Dengan pembangunan stasiun di lahan tersebut, masyarakat tidak lagi berhadapan langsung dengan jalan ketika turun dari Stasiun Tanah Abang.

"Jadi nantinya ketika turun dari Stasiun Tanah Abang, tidak langsung ke jalan raya, tetapi akan melewati taman yang bagus, dan bangunannya juga lebih bagus," tandasnya.

Menurut Budi, pengerjaan Stasiun Tanah Abang akan dilakukan oleh tiga instansi, yaitu Kementerian PUPR, Kemenhub, dan Pemprov DKI Jakarta.

Adapun selain membahas rencana revitalisasi Stasiun Tanah Abang, Pemprov DKI Jakarta bersama Kemenhub juga berdiskusi soal pembangunan LRT Jakarta Velodrome-Manggarai dan proyek MRT Jakarta East-West.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com