Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 12:05 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Otorita Ibu Kota Negara (IKN) sudah resmi memiliki kantor di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pembangunan kantor tersebut dimaksudkan untuk memudahkan berbagai pengurusan dalam rangka pembangunan IKN Nusantara yang lokasinya berada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/2/2023).

Baca juga: Akhirnya, Dokumen Teknis RDTR IKN Nusantara Rampung

“Kami sudah memiliki kantor di Balikpapan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di sana,” ujar Bambang.

Selain kantor di Balikpapan, Bambang mengaku, pihaknya juga sementara membangun basecamp di IKN, di mana lokasinya berada dekat dengan hunian pekerja konstruksi IKN.

“Jadi kalau nanti ada kunjungan dari Bapak, Ibu sekalian ke sana. Bisa langsung melihat kantor basecamp kami yang berada di tengah-tengah hunian pekerja konstruksi yang sedang dibangun, dan sementara diselesaikan teman-teman PUPR,” jelas Bambang.

Dijelaskan, proses pemindahan IKN akan dimulai pada tahun 2024 mendatang setelah ada Keputusan Presiden (Kepres) yang dikeluarkan.

“Banyak persiapan yang harus dilakukan dari sekarang, termasuk penyelenggaraan pemerintahan. Apalagi pada paruh pertama 2024 nanti, Presiden akan mengeluarkan Kepres untuk pemindahan IKN. Saat itu tiba, sudah seharusnya pelayanan publik berjalan dengan baik,” tambah Bambang.

Sebelumnya pada akhir Januari lalu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan progres pembangunan IKN  sudah mencapai 14 persen. 

Menurutnya, pembangunan ibu kota baru Indonesia tersebut sudah berjalan sesuai trek yang direncanakan. 

Baca juga: Makin Ekspansif, Rukita Bakal Buka Kos-kosan di Kota Penyangga IKN

"(Progres) On the track. Begini, kita targetnya enggak tahunan, kita targetnya adalah di semester dua 2024 sudah fungsional," kata Danis kepada wartawan di UC Hotel UGM, Jumat (27/1/2023). 

Bila tak ada kendala berarti, maka pada semester dua tahun 2024, sudah ditargetkan bakal ada upacara 17 Agustus di IKN.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com