Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Mal Ramah Pejalan Kaki dan Terintegrasi Transportasi Publik

Kompas.com - 05/02/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mal atau pusat perbelanjaan menjadi salah satu tempat berlibur bagi sebagian masyarakat, khususnya yang berada di kota besar.

Hal ini dikarenakan mal memiliki sejumlah pilihan tempat hiburan bagi pengunjung, seperti gerai makanan berat, makanan ringan, makanan kekinian, bioskop, area bermain anak, toko fesyen, toko buku, supermarket, area olahraga, dan masih banyak lagi.

Mal menjadi semakin diminati apalagi jika lokasinya dekat dengan transportasi publik yang memudahkan mobilitas pengunjung.

Terra, perempuan berusia 25 tahun asal Kota Jakarta berpendapat bahwa sangat penting bagi sebuah mal untuk terintegrasi dengan transportasi publik.

"Penting banget dong, kendaraan publik ini kan menguntungkan malnya juga. Adanya integrasi dengan transportasi publik memudahkan orang-orang yang enggak punya kendaraan atau malas bawa kendaraan buat berkunjung ke mal," papar Terra saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Sementara Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, terintegrasinya mal dengan transportasi publik tentu bisa meningkatkan okupansi.

Akan tetapi, hal tersebut belum tentu signifikan karena tujuan awalnya adalah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengunjung yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi dengan pengeluaran lebih.

"Peningkatan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan baru akan terjadi secara signifikan pada saat moda transportasi publik beserta dengan seluruh jaringan koneksi ataupun interkoneksinya telah terintegrasi serta terbangun dengan lebih luas," kata Alphonzus kepada Kompas.com.

Baca juga: Harga Sewa Mal di Jakarta Bakal Naik

Menurutnya, banyak mal yang terintegrasi dengan transportasi publik meskipun tidak terkoneksi secara langsung. Mal-mal ini juga bisa disebut memudahkan akses pejalan kaki (pedestrian friendly).

"Bersamaan dengan pembangunan berbagai sarana dan prasarana transportasi publik, khususnya di Jabodetabek, maka sudah ada beberapa pusat perbelanjaan yang terintegrasi secara langsung dengan transportasi publik seperti Blok M Plaza, Poins Square, Revo Town dan beberapa lainnya," imbuh Alphonzus.

Adapun beberapa mal di Jakarta dan sekitarnya yang terintegrasi dengan transportasi publik Transjakarta, MRT Jakarta, dan Commuterline, serta ramah pejalan kaki antara lain:

  1. Blok M Plaza
  2. Blok M Mall
  3. Blok M Square
  4. Poins Square
  5. Sarinah
  6. Grand Indonesia
  7. Plaza Indonesia
  8. fX Sudirman
  9. Senayan City
  10. Plaza Senayan
  11. STC Senayan 
  12. SPARK 
  13. Ashta
  14. Pacific Place
  15. Epicentrum Walk
  16. Plaza Festival
  17. Lotte Shopping Avenue
  18. Kuningan City
  19. ITC Kuningan
  20. Ambassador Mall
  21. Aeon Mall Tanjung Barat
  22. Central Park
  23. Revo Town
  24. Atrium Plaza Senen
  25. Margo City
  26. Pusat Grosir Cililitan (PGC)
  27. Kalibata City
  28. Pondok Indah Mall
  29. Green Walk Mall Bekasi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com