Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Sebut Calon Tol Terpanjang di Indonesia Dibangun dengan LRB

Kompas.com - 01/02/2023, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) bakal menggunakan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) atau Bantalan Karet Inti Timbal.

"Oh iya, pasti, iya," jelas Basuki usai peresmian pabrik LRB terbesar di Indonesia yang berlokasi di Karawang, Senin (30/1/2023).

Sebagaimana diketahui, Tol Getaci digadang-gadang bakal menjadi jalan tol terpanjang di Tanah Air. Ini artinya mengalahkan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang hingga kini masih memegang predikat tersebut.

Saat ini, Kementerian PUPR memastikan pembebasan lahan untuk Tol Getaci tetap berjalan meskipun proyeknya bakal dilelang ulang.

Baca juga: Meski Tol Getaci Dilelang Ulang, Pembebasan Lahannya Tetap Berjalan

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyampaikan, target konstruksi Tol Getaci mundur dari rencana awal. Namun, pengadaan lahannya tetap berjalan.

"Untuk pengadaan lahannya jalan terus sampai dengan Garut untuk pembangunan tahap satu. Pembebasan atau pengadaan lahan ini dilakukan oleh Kementerian PUPR," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Selasa (18/01/2023), dikutip dari Antara.

Selanjutnya, konstruksi Tol Getaci akan dilaksanakan setelah ada investor yang memenangkan lelang ulang tersebut. Diketahui, Kementerian PUPR sudah mulai melelang ulang proyek Tol Getaci.

Lelang ulang atas proyek ini dilakukan karena gagal dalam proses penandatanganan perjanjian dukungan pembiayaan perbankan atau financial close.

Padahal sebelumnya, pemenang lelang pengusahaan jalan tol itu telah ditetapkan pada Desember 2021 lalu yakni konsorsium PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC).

Adapun konsorsium ini terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group-PT Jasa Sarana, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Nilai investasi pembangunan Tol Getaci diproyeksikan mencapai sebesar Rp 56 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com