Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gencarkan Dekarbonisasi, Pabrik Semen SBI di Tuban akan Punya Panel Surya Raksasa

Kompas.com - 31/01/2023, 20:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) akan melalui proyek pembangunan solar panel pada salah satu pabrik semen SBI di Tuban, Jawa Timur.

Langkah ini merupakan upaya untuk mendorong percepatan pencapaian target penurunan emisi karbon (dekarbonisasi) yang menjadi fokus bagi perusahaan-perusahaan BUMN.

Letak geografis Indonesia yang berada di sepanjang garis khatulistiwa dengan iradiasi energi matahari rata-rata 4,80 kWh/meter persegi/hari, merupakan potensi yang sangat besar untuk pemanfaatan energi alternatif tenaga matahari.

Pabrik Tuban sendiri berada pada posisi geografis dengan iradiasi energi matahari di atas rata-rata nasional yakani 5,4 kWh/meter persegi/hari.

Baca juga: Punya Panel Surya di Rumah? Ini Cara Perpanjang Umur Pakainya

Peluang ini meyakinkan SBI untuk memulai pengembangan fasilitas pabrik sistem on grid dengan kapasitas terpasang hingga 7 Mwp berdasarkan hasil studi kelayakan yang telah dilaksanakan.

Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo mengatakan selain pemanfaatan bahan bakar alternatif untuk substitusi batubara pada proses produksi semen, energi tenaga surya juga merupakan wujud konkret komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan.

“Selagi mencapai operasional yang lebih efisien, proyek ini berkontribusi pada dekarbonisasi yang telah dicanangkan SIG untuk mendukung program pemerintah dan bagian dari upaya kolektif global untuk menyelamatkan bumi yang kita tinggali”, jelas Lilik.

Acara penandatanganan proyek panel surya dihadiri oleh jajaran direksi SBI dan EMITS. 
PT Solusi Bangun Indonesia Acara penandatanganan proyek panel surya dihadiri oleh jajaran direksi SBI dan EMITS.

Untuk itulah, SBI telah menandatangani kontrak proyek solar panel dengan PT Energi Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS) untuk pemanfaatan energi tenaga surya sebagai substitusi energi listrik pada operasional pabrik, kantor, dan fasilitas pendukung lainnya.

Proses penandatangana kontrak antara kedua belah pihak berlangsung pada Selasa (31/1/2023) di Narogong, Bekasi. 

Baca juga: Ditemukan! Cara Daur Ulang Panel Surya yang Lebih Hemat

Proyek iini akan menjadi proyek percontohan solar panel rooftop dalam skala lebih besar yang diterapkan oleh anak usaha dalam lingkup grup BUMN semen, SIG.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com