Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Pabrik LRB Terbesar di Indonesia, Basuki: Masak Impor Terus?

Kompas.com - 30/01/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membeberkan alasan mengapa tiga menteri meresmikan pabrik Lead Rubber Bearing (LRB) produk lokal terbesar di Indonesia.

Berlokasi di Karawang International Industry City (KIIC), Jawa Barat, pabrik ini menghasilkan LRB sekitar 14.000 unit setiap tahun.

"Enggak-enggak (tidak ada maksud apa-apa). Ini saya mendorong supaya tidak ada (impor), masa impor terus? Kita ini udah ada 2.700 kilometer jalan tol, yang kita bangun 1.900-an (kilometer). Masa LRB aja impor terus?," ujar Basuki usai peresmian pabrik tersebut di Karawang, Senin (30/1/2023).

Dia mengakui, kalau produk LRB yang diimpor terdahulu memiliki rentang usia 25 tahun-35 tahun. Sedangkan, produksi lokal hanya bertahan 5 tahun.

"Saya bilang 5 tahun pun saya beli (produksi LRB lokal). Anda tahu dulu Kijang Innova itu dulu kotak sabun, sekarang jadi Innova. Jangan dibandingkan produk lokal dengan yang sudah maju, itu enggak fair (adil), harus ada militansi itu," lanjutnya.

Oleh karena itu, ketika ada peresmian pabrik produsen LRB terbesar di Indonesia, dirinya dan kedua menteri lainnya pun ikut hadir.

Mereka adalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Asal tahu saja, pabrik yang berlokasi di KIIC tersebut dimiliki oleh PT Magdatama Multi Industri atau Magdatama.

Baca juga: Aspal Karet Digunakan untuk Preservasi Jalan Ajibarang-Banjarnegara

Seiring dengan meningkatnya standar tingkat keamanan struktur jembatan dan gedung di Indonesia, penggunaan Seismic Isolator menjadi semakin luas dan penting dalam

meningkatkan ketahanan struktur dalam menghadapi risiko gempa.

Fungsi dari Seismic Isolator adalah meredam energi gempa dari permukaan tanah sehingga hanya sebagian saja yang akan tersalurkan ke upper structure (struktur atas).

Tipe Seismic Isolator yang saat ini paling banyak diaplikasikan di Indonesia berada pada struktur jembatan atau LRB.

Sebab, memiliki kemampuan redaman yang tinggi dan dibuat dari karet alam yang melimpah di Indonesia.

Fungsi LRB sangatlah vital dalam menjaga keamanan struktur saat terjadi gempa. Sehingga, menuntut kualitas mutu produk dari LRB yang harus lulus verifikasi sesuai standar spesifikasi berlaku.

Untuk struktur jembatan, Spesifikasi Khusus SKh-1.7.47, yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, memuat dengan rinci ketentuan-ketentuan mutu, termasuk pengujian untuk LRB.

Dengan demikian, LRB harus diuji secara kondisi dinamik gempa untuk membuktikan performa karakteristik dari LRB sebelum dapat diproduksi dalam jumlah banyak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com