Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Garap Proyek Sarana dan Prasarana di SKPT Morotai, Ini Rinciannya

Kompas.com - 30/01/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk memenangkan tender proyek Pembangunan Prasarana dan Sarana Pelabuhan Perikanan Daeo Majiko Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Morotai.

Proyek senilai Rp 111 miliar itu berada di Desa Daeo Majiko, Kecamatan Morotai Selatan, Maluku Utara. Sementara, SKPT Morotai adalah salah satu pemasok terbesar ekspor ikan di Indonesia.

Di lokasi tersebut nantinya akan dibangun ice flake machine, processing, instalasi pengolahan, tempat pendaratan ikan, pemberhentian kapal nelayan dan cold storage yang memiliki kapasitas ratusan ton.

SVP Corporate Secretary Perseroan Ermy Puspa Yunita menerangkan pembangunan SKPT Morotai yang di Maluku Utara ini akan akan menjadi pemasok ikan dari Indonesia yang sangat strategis.

"Lokasinya berada di Pulau Morotai, bagian utara Maluku, terletak di tiga Wilayah Pengelolaan Perikanan Indonesia. Tentunya akan mempermudah pengiriman ikan yang targetnya ke negara-negara Asia Tenggara hingga Jepang," terangnya dalam rilis pers, Senin (30/01/2023).

Baca juga: 3 Menteri Resmikan Pabrik LRB dengan TKDN Terbesar di Indonesia, Ini Lokasinya

Keberadaan fasilitas perikanan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir ini diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan, meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, mendorong pendapatan devisa melalui ekspor ikan, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mengelola tata niaga sektor kelautan dan perikanan.

"Diharapkan pembangunan ini dapat mendongkrak produktivitas ribuan nelayan Morotai yang sebagian besar nelayan tradisional," tandas Ermy.

Proyek ini rencananya akan dikerjakan selama 450 hari, dengan lingkup pekerjaan meliputi Persiapan, Pembangunan Ice Flake Machine, Gudang, Integrated Cold Storage, Barak Nelayan, Kantor SKPT, Lods Ikan, Gedung Kuliner.

Kemudian, Mess Pegawai, Seawall & Dewatering, Rumah Pompa, Pekerjaan Sarana dan Prasarana Kawasan, Pekerjaan Elektrikal Kawasan, Pekerjaan Plumbing & Fire Fighting Kawasan, Rehabilitasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com