Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir, 3 Sungai di Kota Manado Bakal Dinormalisasi Tahun Ini

Kompas.com - 30/01/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Tiga sungai di Kota Manado, Sulawesi Utara bakal dinormalisasi pada akhir tahun 2023.

Ketiga sungai tersebut meliputi Sungai Tikala, Sungai Tondano dan Sungai Sario dengan panjang masing-masing sungai sekitar 7 kilometer.

Direktur Sungai dan Pantai, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Bob Arthur Lombogia mengatakan, normalisasi sungai ini merupakan bagian dari program National Urban Flood Resilience Project dari bantuan World Bank dengan nilai yang belum bisa dipastikan.

"Bulan Maret ini loan agreement ditanda tangani. Kalau sudah ditanda tangani, kita bisa lelang berdasarkan kesiapan di lapangan," kata Bob kepada awak media, Minggu (27/1/2023).

Normalisasi sungai merupakan upaya Pemerintah untuk mengatasi masalah banjir di Kota Manado lewat bangunan pengendali banjir.

Selain normalisasi, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado juga akan membangun tanggul di ketiga sungai tersebut.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi 1 Manado I Komang Sudana menambahkan, normalisasi Sungai Tondano sudah pernah dilakukan di beberapa titik, tetapi masih menemui hambatan sehingga belum terselesaikan.

Baca juga: Demi DPSP Borobudur, Pemerintah Kejar Target Bereskan Pengendali Banjir YIA

Jelasnya, untuk proyek normalisasi kali ini membutuhkan pembebasan lahan selebar 25-35 meter atau tergantung kebutuhan desain dan besar sungai.

Sementara untuk penetapan lokasi (penlok) proyek di ketiga sungai tadi sudah dikeluarkan oleh Gubernur.

Sedangkan untuk Sungai Bailang dan Sungai Mahawu yang diketahui meluap pada bencana banjir Manado awal 2023 ini, Pemerintah masih akan melakukan kajian sebelum melakukan normalisasi atau mengambil solusi lain.

"Dikaji dulu, didesain dulu seperti apa dengan melihat situasi dan kondisi sungai. Persoalannya adalah bantaran sungai itu sudah padat rumah," ucap I Komang Sudana.

Untuk diketahui, wilayah Manado terkena banjir akibat hujan ekstrem dan meluapnya Sungai Bailang, Sungai Mahawu dan Sungai Tikala.

Kota Manado sendiri dilintasi oleh 6 sungai, yaitu Sungai Tondano, Sungai Tikala, Sungai Mahawu, Sungai Bailang, Sungai Sairo, dan Sungai Malalayang.

Selain bantuan yang diberikan kepada masyarakat melalui posko bencana, Pemerintah juga tengah merancang pembangunan sejumlah infrastruktur pengendali banjir untuk mengantisipasi bencana ini pada kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com