Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanding dengan The Park Semarang, Berapakah Luas Mal Terbesar di Indonesia?

Kompas.com - 29/01/2023, 17:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com -Akan dibuka pada bulan Maret 2023, The Park digadang-gadang akan menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mall yang berlokasi di kawasan Semarang Barat ini didirikan dengan skema joint venture antara pengembang pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia NWP Property, dengan pengembang properti PT Putra Wahid Land.

Dalam laman resminya, NWP Property menyebutkan The Park Semarang adalah bangunan mixed use yang memiliki luas 90.000 meter persegi.

Baca juga: Central Park Mall Dijual ke Jepang, Kini Posisinya Nomor 3 di Kelas Menengah-Atas

Di dalam kawasan tersebut akan berisi mal dan hotel bintang 4 bertaraf internasional. Luas area ritel yang dapat disewa atau net leasable area (NLA) hampir 50.000 meter persegi.

Nah, jika dibandingkan dengan mall terbesar yang di Indonesia, luasan NLA The Park masih kalah jauh.

Seperti dikutip dari arsip Kompas.com, mal terbesar di Indonesia adalah Pakuwon Mall, yang berada di Surabaya, Jawa Timur.

Pakuwon Mall SurabayaShutterstock Pakuwon Mall Surabaya

Luas NLA efektif mal Pakuwon Surabaya mencapai 200.000 meter persegi atau sekitar 18 hektar. Itu artinya Pakuwon Mall memiliki luas 4 kali lebih besar dari The Park.

Pakuwon Mall sudah didirikan pada tahun 2003 ini mulanya bernama Supermall Pakuwon yang kemudian diubah menjadi Pakuwon Mall pada tahun 2017.

Baca juga: Pakuwon Mall Surabaya, Pusat Belanja Terluas di Indonesia

Mall ini dirancang oleh Design Development Group (DDG) dari Baltimore, Amerika Serikat, untuk tahap pertama pembangunannya.

Selanjutnya, PT Pakuwon Jati Tbk menggandeng DP Architect Singapore untuk meneruskan proses pembangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com