Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk atau WSBP akan melangsungkan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) pada 15 Februari 2023 mendatang.

Informasi itu disebutkan oleh Director of Finance & Risk Management WSBP Asep Mudzakir dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (24/1/2023).

"WSBP akan melangsungkan RUPO pada tanggal 15 Februari 2023,” jelas Asep.

Tak hanya itu, perseroan bakal menyelesaikan konversi penyelesaian utang vendor menjadi saham.

Asep mengungkapkan, proses verifikasi tagihan vendor sudah diselesaikan pada akhir tahun lalu.

"Kami targetkan transaksi konversi dapat dilakukan setelah suspensi saham WSBP dicabut dan seluruh persetujuan korporasi diperoleh," kata dia melanjutkan.

Menurutnya, perseroan berkomitmen dalam mengimplementasikan seluruh ketentuan perjanjian perdamaian dengan senantiasa memperhatikan prinsip good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik.

Baca juga: Usai Badai PKPU, Rating Waskita Beton Terkerek Jadi Stabil

Kini, rating WSBP pun mengalami peningkatan dari PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo dari idD menjadi idB dengan outlook stable.

Sebelumnya, Pefindo menetapkan rating idD akibat default kewajiban pembayaran bunga obligasi perseroan pada Januari 2022 setelah ditetapkan dalam status Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Sementara.

Peningkatan rating korporat dan obligasi tersebut menindaklanjuti efektivitas skema restrukturisasi keuangan berdasarkan Perjanjian Homologasi antara WSBP dan seluruh kreditur.

Pefindo menilai, WSBP memiliki posisi yang baik di industri manufaktur beton precast (pracetak) dan readymix.

Asep melanjutkan, terdapat potensi kembali peningkatan rating obligasi WSBP dari Pefindo apabila seluruh kewajiban restrukturisasi dapat diselesaikan dengan baik dan dapat meningkatkan kinerja operasional, juga arus kas berkelanjutan.

"WSBP mengapresiasi peningkatan rating yang dikeluarkan oleh Pefindo. Peningkatan rating ini mencerminkan kemajuan progres restrukturisasi dan pemulihan kinerja keuangan perseroan," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+