Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Kehilangan Air Minum Nasional Masih Tembus 33,7 Persen

Kompas.com - 23/01/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat kehilangan air (Non Revenue Water/NRW) nasional masih melebihi batas standar.

Sehingga hal tersebut penting menjadi perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) serta pemangku kepentingan terkait.

Sebagaimana melansir keterangan resmi dari laman Kementerian PUPR pada Senin (23/01/2023), tingkat kehilangan air nasional masih 33,7 Persen.

Angka tersebut lebih tinggi 8,7 persen dari batas toleransi NRW yakni 25 persen yang diperkenankan dalam melakukan pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) oleh BUMD Air Minum.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR telah memberikan banyak dukungan berupa pembangunan infrastruktur SPAM.

Di mana telah diserahterimakan pula kepada kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk selanjutnya dikelola BUMD Air Minum.

Sehingga infrastruktur yang telah dibangun dapat berkelanjutan dan target peningkatan akses layanan air minum kepada masyarakat dapat segera tercapai.

Baca juga: Warga DKI Bakal Dilarang Ambil Air Tanah jika Dua SPAM Ini Tuntas

"Sebagai kebutuhan dasar masyarakat, ketersediaan air minum sangat dibutuhkan dalam kondisi normal maupun bencana sehingga kita harus mengedepankan pelayanan air minum yang berkelanjutan, tangguh, inklusif dan tahan bencana," jelas Diana.

Namun hal tersebut dapat diwujudkan apabila Pemda memberikan dukungan penuh agar BUMD Air Minum memiliki kecukupan modal untuk mengembangan usahanya secara mandiri.

Beberapa dukungan yang dibutuhkan BUMD Air Minum dari Pemda antara lain memberikan penyertaan modal daerah, penyesuaian tarif air minum untuk memenuhi tarif Full Cost Recovery (FCR), dan atau subsidi apabila tarif air minum BUMD Air Minum belum FCR.

Berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2022, dari 389 BUMD Air Minum yang dinilai oleh Direktorat Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, ada 237 BUMD Air Minum yang berkinerja Sehat (60,93%); 101 BUMD Air Minum berkinerja Kurang Sehat (25,96%) dan 51 BUMD Air Minum masih berkinerja Sakit (13,11%). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com