Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Dermaga Wisata di IKN Telah Ditentukan, Bandara VVIP Menyusul

Kompas.com - 21/01/2023, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau calon lokasi pembangunan pelabuhan atau dermaga wisata dan bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (20/1/2023).

Hal itu mengingat dua infrastruktur transportasi IKN itu, termasuk program prioritas pemerintah pada tahun 2023.

Pertama, untuk pelabuhan atau dermaga wisata di IKN, Budi mengatakan, konsepnya seperti dermaga wisata Marina di Labuan Bajo.

"Ada tiga alternatif lokasi, tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN," jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip dari laman Kemenhub.

Dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, tentu akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah.

Di samping itu, lokasi yang akan dibangun dermaga tersebut dinilai juga memiliki pemandangan laut yang indah.

"Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, area untuk kuliner, dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan," tandasnya.

Baca juga: 29 Proyek di IKN Sudah Teken Kontrak, Ini Daftarnya

Selain dermaga wisata, Menhub juga meninjau lokasi pembangunan bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan.

"Kami melakukan overview dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang juga akan menjadi pangkalan udara TNI AU," ujarnya.

Kemenhub pun tengah melakukan koordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan satu lokasi dari beberapa alternatif lokasi yang diajukan.

"Untuk dermaga wisata telah kami tentukan titiknya, selanjutnya untuk bandara masih kami kumpulkan data-datanya semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya," tutup Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com