Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Tol Getaci Dilelang Ulang, Pembebasan Lahannya Tetap Berjalan

Kompas.com - 19/01/2023, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR memastikan pembebasan lahan untuk Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) tetap berjalan meskipun proyeknya dilelang ulang.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyampaikan, target konstruksi Tol Getaci mundur dari rencana awal. Namun, pengadaan lahannya tetap berjalan.

"Untuk pengadaan lahannya jalan terus sampai dengan Garut untuk pembangunan tahap satu. Pembebasan atau pengadaan lahan ini dilakukan oleh Kementerian PUPR," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Selasa (18/01/2023), dikutip dari Antara.

Selanjutnya menurut Hedy, konstruksi Tol Getaci akan dilaksanakan setelah ada investor yang memenangkan lelang ulang tersebut.

Diketahui, Kementerian PUPR sudah mulai melelang ulang proyek Tol Getaci. Karena sebelumnya gagal dalam proses penandatanganan perjanjian dukungan pembiayaan perbankan atau financial close.

"Kita sudah mulai proses lelang ulang ini di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Dilelang ulang karena secara kontrak statusnya default," tandasnya.

Baca juga: Proyek Tol Terpanjang di Indonesia Dilelang Ulang, Ini Penyebabnya

Sebelumnya pemenang lelang pengusahaan jalan tol itu telah ditetapkan pada Desember 2021 lalu. Yaitu konsorsium PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC).

Terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group-PT Jasa Sarana, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Nilai investasi pembangunan Tol Getaci sebesar Rp 56 triliun. Di mana awal rencana pembangunannya dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama, Gedebage-Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2024.

Baca juga: Tol Cibitung-Cilincing Akan Terkoneksi Ruas JORR 2, Ini Daftarnya

Sementara untuk tahap kedua yakni Tasikmalaya-Cilacap konstruksinya dimulai pada 2027 dan selesai 2029.

Tol Getaci membentang sepanjang 206,65 km dan akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Dengan melintasi dua provinsi yaitu Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 km.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan-Cilacap (34,35 km).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com