Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sumbar Dapat Bantuan Rusun dari Pemerintah

Kompas.com - 19/01/2023, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Rumah Susun (Rusun) untuk para anggota kepolisian yang bertugas di Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Rusun tersebut dibangun satu tower dan memiliki tiga lantai dengan 44 unit hunian tipe 36, termasuk dua unit penyandang disabilitas. 

“Kami siap bersinergi dengan Kepolisian untuk menyediakan hunian vertikal bagi para petugas beserta keluarganya,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam siaran pers, Rabu (18/1/2023).

Adanya pembangunan rusun diharapkan mampu mengoptimalkan lahan yang ada, khususnya untuk hunian.

Menurut dia, hunian yang layak seperti rusun yang telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

Sehingga, diharap membantu para petugas untuk lebih bersemangat dalam bekerja menjaga keamanan masyarakat.

Pembangunan rsun untuk Polda Sumbar ini berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Baca juga: Proyek Rusun ASN IKN Tunggu Persetujuan Sri Mulyani, Butuh Rp 9,4 Triliun

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Zubaidi menjelaskan, pihaknya juga melengkapi bangunan tersebut dengan meubelair agar anggota kepolisian beserta keluarga bisa tinggal dengan nyaman.

Dari data yang ada, rusun tersebut dibangun satu tower di atas lahan seluas kurang lebih 3.100 meter persegi.

“Saat ini, rusunnya telah dihuni oleh para anggota Kepolsiian bertugas di Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Barat," katanya.

Setiap unit terdiri dari dua kamar dilengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur, lemari, sofa dan meja ruang tamu, toilet, dapur, tempat cuci dan di bagian luar gedung dilengkapi dengan jalan, tempat parkir dan ruang terbuka hijau (RTH).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat Irjen Suharyono  mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah atas pembangunan rusun ini.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada Pemerintah melalui Kementerian PUPR atas terbangunnya rusun ini.

Karena, tempat tinggal merupakan kebutuhan primer dan pembangunan hunian vertikal ini bentuk perhatian yang luar biasa kepada anggota Polda Sumbar.

"Kami minta kepada seluruh personel di Polda Sumbar memanfaatkan dan merawat fasilitas yang ada dengan baik,” tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com