Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Bikin KEK Baru di Bali, Nilai Investasinya Rp 104 Triliun

Kompas.com - 14/01/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membentuk dan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru di Provinsi Bali.

Hal itu terungkap saat Sidang Dewan Nasional KEK pada Rabu (11/01/2023) yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Nasional KEK.

Mengutip keterangan resmi dari laman Kemenko Bidang Perekonomian, pada kesempatan tersebut disepakati pembentukan KEK baru yaitu KEK Kura-Kura Bali (KKB) yang berlokasi di Pulau Serangan, Denpasar, Bali.

Pengembangan KEK KKB dimaksudkan untuk meningkatkan pariwisata melalui pengembangan marina dan resort dengan nilai total investasi sebesar Rp 104 triliun untuk 30 tahun ke depan.

Lapangan kerja baru yang akan tercipta sebanyak 35.000 orang pekerja langsung, dan 64.000 orang pekerja tidak langsung, serta akan menghemat devisa sebesar 31,8 miliar Dollar AS atau setara Rp 480,72 triliun (kurs Rp 15.117).

Airlangga Hartarto menjelaskan, selama tahun 2022, 19 KEK di Indonesia berjalan dengan capaian investasi sebesar Rp 30,9 triliun atau 27% dari kumulatif investasi.

Selain itu, telah mampu membuka lapangan kerja baru sebesar 27.526 orang atau 49% dari kumulatif tenaga kerja.

"Sampai dengan tahun 2022, realisasi investasi adalah Rp 113,2 triliun, jumlah lapangan kerja sebesar 55.678 orang, dan komitmen investasinya Rp 214 triiliun, di mana untuk tahun 2023 komitmen investasi sebesar Rp 61,9 triliun," jelasnya.

Baca juga: Bertambah Satu, Ini Daftar Kawasan Ekonomi Khusus Terbaru di Indonesia

Capaian tersebut didorong oleh beberapa KEK berbasis industri seperti KEK Galang Batang, KEK Kendal, KEK Gresik, KEK Sei Mangkei, serta KEK berbasis pariwisata seperti KEK Mandalika, KEK Lido, KEK Tanjung Kelayang, KEK Tanjung Lesung, KEK Singhasari.

Peningkatan investasi juga terjadi di KEK Nongsa yang mampu menarik investasi untuk data center, digital, serta industri film.

Selain itu, dari 19 KEK yang saat ini telah ditetapkan oleh Pemerintah, masih terdapat beberapa KEK yang perlu didorong agar dapat berkembang secara signifikan, antara lain yakni KEK Morotai, KEK Sorong, KEK MBTK, dan KEK Likupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com