Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VIK Merapah Trans-Sumatera, Pemandu Perjalanan dari Lampung ke Aceh

Kompas.com - 10/01/2023, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau Sumatera terus berkembang. Pembangunan infrastruktur berlangsung masif, salah satu yang nampak dan terasa yakni jalan tol.

Hadirnya ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) lambat laun menjadi primadona baru sekaligus harapan bagi masyarakat agar mobilitasnya bisa lebih mudah dan cepat.

Seperti yang pernah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa JTTS dibangun untuk membuka sentra-sentra ekonomi baru dan mampu menjadi akses utama yang menghubungkan delapan provinsi di Pulau Sumatera.

Dalam rangka memudahkan Anda berkendara via JTTS, Kompas.com telah menyiapkan panduan perjalanan berupa Visual Interaktif Kompas (VIK) yang tautannya ada di bagian akhir artikel ini.

VIK kali ini merangkum perjalanan 12 hari Tim Merapah Trans-Sumatera menyusuri JTTS mulai dari 18 November 2022 hingga 29 November 2022

Melintasi ruas JTTS yang sudah beroperasi penuh sepanjang 547 kilometer, tepatnya dari pintu Tol Bakauheni Selatan di Bandar Lampung hingga Banda Aceh.

Informasi yang tersaji di dalamnya sangat beragam dan lengkap. Pastinya termasuk merekam progres pembangunan JTTS.

Mulai dari data ruas tol yang beroperasi, persentase ruas tol yang telah beroperasi, rincian simpang susun, gerbang tol, hingga tarif tol.

Tak hanya itu, tertera pula daftar lokasi rest area beserta fasilitasnya. Contohnya saja ketersediaan fasilitas toilet hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Hal-hal menarik ketika melintasi JTTS juga tertuang. Seperti halnya ragam kuliner khas lokal dan destinasi pariwisata setempat.

Tak lupa, VIK ini juga menyajikan tips dan trik berkendara yang nyaman dan aman di JTTS. Apalagi yang menempuh perjalanan panjang dari Lampung ke Aceh.

Berikut Liputan Lengkap Merapah Trans-Sumatera 2022 yang bisa Anda cermati dengan seksama pada tautan ini: VISUAL INTERAKTIF KOMPAS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com