Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren! Sekolah di Lombok Terbuat dari Bata Plastik Daur Ulang

Kompas.com - 09/01/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Batu bata merupakan salah satu material konstruksi yang terbuat dari campuran tanah liat yang dibakar hingga menjadi kering.

Namun saat ini, Anda bisa menemukan batu bata yang terbuat dari berbagai bahan termasuk dari plastik daur ulang.

Penggunaan bata plastik daur ulang ini bahkan sudah diaplikasikan pada bangunan publik di Indonesia.

Baca juga: Sama-sama Popular, Anda Pilih Bata Merah atau Batako?

Adalah SDN 4 Taman Sari, Dusun Medas Bentaur, Gunung Sari, Lombok Barat, NTB, yang konstruksinya menggunakan bata dari plastik daur ulang. Bangunan ini juga diklaim tahan guncangan gempa.

Seperti dikutip dari arsip Kompas.com, Rabu (16/6/2021), Kepala Yayasan Pelita Foundation, Satriawan Amri mengatakan, bata plastik atau ecoblock yang digunakan bersifat liat sehingga cukup aman jika terjadi guncangan gempa.

Pembangunan ruang kelas baru di SDN 04 Medas, Lombok Barat, menggunakan bahan bata plastik.KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUM Pembangunan ruang kelas baru di SDN 04 Medas, Lombok Barat, menggunakan bahan bata plastik.
"Insya Allah kuat, karena tidak ada titik retaknya. Karena bersifat liat. Kalau gempa retaknya menjalar, kalau ini liat. Insya Allah tahan gempa," ujar Satriawan.

Selain tahan gempa, penggunaan bata plastik daur ulang bisa menjadi salah satu solusi pemanfaatan limbah plastik menjadi sesuatu yang berguna.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan sampah plastik untuk dijual di pabrik pengolahan. "Pengerjaan cepat, ongkos tukang singkat dan tidak pakai pasir tidak pakai semen," jelas Satriawan.

Bentuk bata plastik yang seperti lego bisa menghemat waktu pengerjaan. Adapun, kekurangan dari bahan ini, akan terbakar jika terkena api.

Baca juga: Apakah Batu Bata Bisa Jadi Penutup Lantai Rumah Anda?

SDN 04 Taman Sari menjadi sekolah bata plastik pertama di dunia, yang diinisiasi oleh Classroom of Hope (Australia) bekerja sama dengan Block Solutions (Finlandia), Pelita Foundation Lombok, dan Pemerintah daerah NTB.

Saat ini bata plastik daur ulang untuk pembangunan sekolah dikirim langsung dari Finlandia. Bahan baku ecoblock yang digunakan terdiri dari limbah plastik yang didaur ulang dan dicampur dengan serbuk kayu.

"Sebenarnya 100 persen dari limbah plastik semua, tapi karena di Finlandia kekurangan bahan baku sampah plastik maka dicampur serbuk kayu sisa gergaji," terang Satriawan.

Penulis : Kontributor Mataram, Karnia Septia - Editor : Pythag Kurniati

 

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com