Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Lalin Tol Waskita Tumbuh Pesat Selama Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 06/01/2023, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) berhasil mencatatkan peningkatan jumlah volume lalu lintas (lalin) di ruas–ruas tol miliknya selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (5/1/2023), ruas tol yang mengalami peningkatan signifikan di antaranya Ruas Tol Pemalang–Batang, Pasuruan–Probolinggo (Paspro), Kayu Agung–Palembang–Betung (Kapal Betung), Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu), Ciawi–Sukabumi (Bocimi), dan Krian–Legundi–Bunder–Manyar (KLBM).

Berdasarkan rekapan laporan Lalin Harian Rata–rata (LHR) periode 22 Desember 2022–3 Januari 2023, volume kendaraan di keenam ruas tol tersebut meningkat pesat jika dibandingkan dengan periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Peningkatan LHR di Ruas Tol Pemalang–Batang mencapai 33,14 persen, Ruas Tol Paspro sebesar 26,18 persen, Ruas Tol Kapal Betung sebesar 15,74 persen, Ruas Tol Bocimi sebesar 11,75 persen, Ruas Tol KLBM sebesar 36,16 persen.

Sementara itu, Ruas Tol Becakayu mengalami peningkatan LHR yang sangat drastis yaitu mencapai 102,61 persen, di mana peningkatan tersebut merupakan dampak positif dari dioperasikannya beberapa akses baru.

Yaitu, On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca, Seksi 1A Koneksi Wiyoto–Wiyono, dan Off Ramp Jatiwaringin.

Juga ditambah dengan beroperasi secara fungsional Seksi 2A dan 2A Ujung (Jakasampurna-Margajaya) yang berkontribusi menambah trafik Ruas Becakayu selama periode Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Rencana Proyek Tol Lingkar Solo, Ditentang Tiga Bupati hingga Dipertanyakan Pakar

Selama periode Natal dan Tahun Baru, WTR melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dimiliki mengoperasikan beberapa akses ruas tol secara fungsional dalam rangka mendukung kelancaran lalin.

Sejumlah ruas tol yang beroperasi secara fungsional pada periode 23 Desember 2022 hingga
3 Januari 2023 di antaranya Ruas Tol Cigombong–Cibadak (Bocimi) Seksi 2 dan Ruas Tol Becakayu Seksi 2A dan 2A Ujung.

Sementara itu, Junction Wringinanom di Ruas Tol KLBM juga dioperasikan secara fungsional selama 4 hari mulai dari 31 Desember 2022-3 Januari 2023.

WTR juga memberlakukan diskon tarif sebesar 50 persen di Ruas Tol Kapal Betung yang berlaku mulai 24 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Direktur Utama WTR Rudi Purnomo menyampaikan, hingga akhir periode Natal dan Tahun Baru tepatnya pada tanggal 3 Januari 2023, seluruh pengoperasian fungsional dan juga
pemberlakuan diskon tarif berjalan dengan lancar.

Adapun pengoperasian fungsional dan pemberlakuan diskon tarif tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan WTR dalam pemulihan arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru yang tahun sebelumnya sempat terhambat akibat pandemi. 

"Ke depannya, khususnya pada periode Idul Fitri dan Natal dan Tahun Baru tahun 2023, kami berharap volume lalin di ruas–ruas tol WTR semakin tinggi, terlebih karena jumlah ruas tol yang beroperasi akan semakin bertambah," ucap Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com