Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus 10,31 Juta Penumpang Pakai Angkutan Umum Selama Libur Natal-Tahun Baru

Kompas.com - 04/01/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara resmi menutup Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kemenhub di Jakarta, sejak 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Berdasarkan hasil pemantauan, pergerakan penumpang angkutan umum di semua moda mencapai 10,31 juta penumpang.

Artinya, mengalami kenaikan 71,09 persen jika dibandingkan dengan angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sebanyak 6,03 juta penumpang.

Kenaikan jumlah penumpang terjadi di seluruh moda transportasi, baik angkutan jalan, penyeberangan, laut, udara dan kereta api.

Menhub mengungkapkan, gangguan cuaca ekstrem di masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mengakibatkan terganggunya beberapa perjalanan angkutan umum seperti penundaan ataupun pembatalan perjalanan.

Baca juga: Momen Natal-Tahun Baru Ditutup, Penumpang Angkutan Umum Naik 71 Persen

Menurutnya, gangguan cuaca merupakan tantangan yang paling besar dihadapi pada tahun ini di tengah melonjaknya jumlah penumpang.

"Apa yang sudah kita siapkan relatif berjalan baik dan tetap ada beberapa evaluasi yang harus ditingkatkan ke depannya, sebagai persiapan untuk menghadapi angkutan lebaran tahun ini,” katanya dikutip dari laman Kemenhub, Rabu (4/1/2023).

Untuk mengantisipasi gangguan cuaca, sejumlah upaya telah dilakukan di antaranya, meningkatkan pengawasan terhadap aspek keselamatan dan berkoordinasi secara intensif dengan operator sarana dan prasarana transportasi.

Kemudian, memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dengan kondisi cuaca ekstrem.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang memberikan dukungan secara langsung atau tidak langsung, dan saya melihat bahwa kekompakan ini menjadi kunci dari keberhasilan kita semua," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com