Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal "Decluttering" dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 04/01/2023, 05:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah dua tahun pandemi, rasanya barang-barang pun semakin banyak. Padahal, tidak semua dari barang-barang ini diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Aksi menyimpan barang ini sering disebut ‘clutter’ atau ‘hoarding’, perilaku menimbun barang-barang yang tidak dibutuhkan karena berbagai alasan seperti tidak rela membuang atau berjaga-jaga bila dibutuhkan pada kemudian hari.

Perilaku ini justru tidak baik untuk kesehatan dan kenyamanan penghuni rumah. Rumah akan menjadi lebih minim ruang gerak, sesak, berdebu, dan lainnya. Nantinya, keadaan ini dapat berpengaruh pada kesehatan dan kualitas udara penghuni rumah.

Baca juga: Mengenal Decluttering dan 5 Tips Praktis Penerapannya

Salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan ‘decluttering’. Dilansir dari The Spruce, decluttering adalah kegiatan bersih-bersih secara masif dengan menyingkirkan atau membuang barang-barang yang tidak dibutuhkan atau digunakan.

Sayangnya, orang-orang sering mengalami kesulitan untuk melakukan proses ini. Kebanyakan dari mereka enggan mengurangi barang-barangnya karena memiliki keterikatan emosional dengan benda tersebut, sayang akan uang yang telah dikeluarkan, dan rasa bersalah jika membuangnya.

Selama Anda bisa mengatasi hal ini dan yakin atas keputusan untuk menyingkirkan barang tersebut, Anda akan lebih mudah melakukan decluttering. Jika masih merasa sulit, Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan ini:

  • Apakah barang ini berguna saat ini?
  • Apakah barang ini memiliki estetika yang menyenangkan mata?
  • Jika benda ini rusak, apakah Anda bersedia untuk membenarkannya saat itu juga?
  • Apakah Anda merasa bersalah membuang atau menyumbangkan barang ini? Jika iya, kenapa?
  • Apakah barang ini mudah dirawat dan hanya perlu disimpan dengan baik?

Biasanya setelah menjawab beberapa pertanyaan ini, pilihan untuk menyimpan atau menyingkirkan benda tersebut akan lebih mudah dijawab.

Jika sudah mengetahui pilihan Anda, waktunya memilih bagaimana Anda akan menyortir barang-barang ini. Anda bisa memilih untuk menyimpan, memperbaiki, mendaur ulang, mendonasikan, atau membuang barang-barang yang Anda miliki.

Decluttering bukan sekadar aksi membuang dan menyingkirkan barang-barang di rumah, melainkan menciptakan suasana rumah yang nyaman dengan barang-barang minim sesuai dengan kebutuhan.

Kegiatan ini juga bisa membantu Anda untuk berhenti konsumsi berlebihan dan menghemat uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com