Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Travoy Hub, Proyek Koridor Tol Pertama di Indonesia Kelar Maret 2023

Kompas.com - 26/12/2022, 19:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Toll Corridor Development pertama di Indonesia bernama Travoy Hub yang terletak di Taman Mini, Jakarta Timur, bakal rampung pada Maret 2023.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Related Business (JMRB) Dian Takdir Badrsyah selaku pengembang proyek.

Progres konstruksi Travoy Hub untuk Tahap 1 ini telah mencapai 92 persen hingga Desember 2022.

"Kami optimistis dapat mengejar pembangunan Travoy Hub sesuai target. Kami berharap Travoy Hub dapat mendorong budaya masyarakat untuk menggunakan transportasi umum," ujar Dian dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Harapan tersebut sejalan dengan target Pemerintah untuk menggiatkan fasilitas transportasi umum yang memadai, aman, nyaman, dan terintegrasi.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, pembangunan Travoy Hub yang terletak di koridor Jalan Tol Jagorawi dapat mengintegrasikan sejumlah transportasi massal di Jakarta.

Dalam hal ini, integrasi antara LRT, bus Transjakarta, JakLingko, hingga pengguna jalan tol.

Selain itu, Travoy Hub juga mengintegrasikan Stasiun LRT Taman Mini dengan pusat bisnis seperti ritel, rumah sakit dan rekreasi.

"Travoy Hub dikembangkan dalam dua tahap. Tahap satu meliputi area inti yang akan mendukung aktivitas masyarakat di sepanjang moda transportasi LRT Taman Mini yang berupa plaza transit," kata Subakti.

Baca juga: Melonjak 50 Persen Kendaraan Lewat Tol Cipali Saat Natal 2022

Subakti menambahkan, pengembangan tahap dua Travoy Hub meliputi area pendukung berupa pengembangan area komersial dengan konsep open space serta prasarana umum, termasuk rumah sakit dan ruang terbuka hijau.

Travoy Hub juga akan berkontribusi bagi masyarakat, di antaranya dengan menghadirkan potensi serapan tenaga kerja serta sebagai wadah bagi pelaku UMKM dan usaha kreatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com