Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Infinity Pool dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 20/12/2022, 20:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernah mendengar istilah infinity pool di hotel-hotel berbintang atau apartemen mewah?

Infinity pool bukan berarti kolam renang dengan luas atau panjang yang tidak terbatas, melainkan sebuah ilusi yang membuat kolam renang terlihat seperti tidak terbatas atau tidak berujung.

Ilusi dimainkan dengan cara menghilangkan penampakan tembok di salah satu sisi kolam agar tidak ada batasan kolam yang tertangkap oleh mata.

Nantinya, tembok akan memiliki tinggi yang lebih rendah dari permukaan air sehingga air terlihat terus mengalir dan menyatu dengan latar di baliknya.

Baca juga: Keren, Perpustakaan di Atas Bukit Ini Punya Kolam Renang Atap

Latarnya bisa berupa langit maupun laut sehingga jika dilihat dari sudut pandang tertentu, air di kolam renang akan terlihat terus mengalir hingga langit maupun laut yang tak terbatas.

Ilusi ini menjadi alasan penempatan infinity pool yang biasanya dibuat di atas atap bangunan, tepi pantai, atau tempat-tempat lainnya yang tidak memiliki unsur-unsur penghalang di latarnya.

Air yang mengalir dari sisi kolam nantinya akan ditangkap di sebuah bak di balik sisi kolam renang. Bak ini biasanya lebih pendek dan memiliki pompa untuk memompa sisa-sisa air yang terjatuh.

Pada dasarnya infinity pool sama seperti kolam renang pada umumnya dan tidak berbahaya. Hanya, Anda perlu tetap memerhatikan anak-anak yang bermain di infinity pool agar tidak melompati sisi kolam tanpa tembok.

Jika Anda ingin membangun infinity pool, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lanskap kolam akan menghadap.

Bila terdapat banyak gangguan dan penghalang, ilusi tak terbatas akan sulit didapatkan.

Anda juga perlu memerhatikan bak yang akan menampung air yang terjatuh, bak perlu berada lebih rendah dari kolam agar tidak mengganggu ilusi, tetapi tidak terlalu jauh hingga gagal menangkap air-air yang jatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com