Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edy Rahmayadi Minta Toko Kelontong Sumut Mencontoh Sampoerna Retail Community

Kompas.com - 20/12/2022, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Merayakan kesuksesan toko kelontong Sampoerna Retail Community (SRC), PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Ujung Sumatera di Lapangan Benteng, Kota Medan.

Rangkaian pesta ritell terbesar ini digelar mulai 26 November sampai 18 Desember 2022.

PT HM Sampoerna Tbk. konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi pemilik toko kelontong. Upaya ini menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Kini, 225.000 lebih toko kelontong tradisional di Indonesia bergabung. Berdasarkan data per November 2022, toko kelontong anggota SRC ada di 408 kabupaten dan kota. Mereka mendapat pembinaan untuk mengembangkan usaha agar lebih berdaya saing sesuai kebutuhan zaman.

Perayaan mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi hadir bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Provinsi Sumut Nawal Lubis, bergabung dengan ribuan pemilik toko di Sumut dan Aceh. Mereka melepaskan balon bersama-sama.

Baca juga: Tangani Banjir di Sumut, Edy Rahmayadi Akan Bentuk Tim Terpadu

“Harapannya, toko–toko kelontong di Sumut menyontoh SRC. Tokonya rapi, barang ditata dan sudah bisa digital. Ini harus diedukasikan sehingga bisa melayani dengan modernisasi,” kata Edy.

Dia mengajak para pedagang menjual secara online. Pasalnya, dengan teknologi, pertumbuhan ekonomi yang disokong ritail dan UMKM akan terus meningkat.

"Sulawesi dan Yogyakarta itu, pertumbuhan ekonominya meningkat karena UMKM dan ritail di sana jualannya online. Konsumen memesan tanpa harus datang, ini perlu kita contoh," ucap Edy.

Selain memanfaatkan teknologi, pedagang diminta terus berinovasi dalam pelayanan, menjaga kebersihan dagangan, memberi rasa nyaman pengunjung yang tentunya akan meningkatkan penjualan.

"Dengan potensi penduduk Sumut yang mencapai 16 juta, pedagang tidak perlu khawatir dengan konsumen. Yang ada di sini saja sudah cukup besar, jadi tidak perlu berharap konsumen dari luar," katanya lagi.

Edy bersama rombongan sempat mengunjungi beberapa stand dan membeli produk.

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna, Ivan Cahyadi mengatakan, selama 14 tahun eksis, SRC membawa transformasi yang progresif di sektor UMKM nasional.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian.

Baca juga: Pemprov Sumut Dukung Kebijakan Satu Peta, Tuntaskan Tumpang Tindih Kawasan Hutan

Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 96,9 persen dari total angkatan kerja nasional.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia ikut berpartisipasi menopang PDB, kontribusinya mencapai Rp 69,3 triliun atau 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” kata Ivan dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/12/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com