Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari 2023, Pedagang Olshop Bisa Kredit Rumah Lewat Tapera

Kompas.com - 19/12/2022, 16:11 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pedagang e-commerce yang tergabung dalam market place Shopee dan Tokopedia bisa menjadi peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mulai Januari 2023.

Sebelumnya, Deputi Komisioner Badan Pengelola Tapera (BP Tapera) Adi Setianto menyampaikan, mitra ojek online Gojek dan Grab menjadi komunitas pertama yang bakal diajak ikut ke dalam produk terbaru ini.

"Kebetulan selama ini Gojek, tapi kan komunitas bukan cuma Gojek, kita buka seluas-luasnya. Mudah-mudahan Januari Insya Allah bisa jalan," jelas Adi menjawab Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Perluasan kepesertaan Tapera kepada pekerja mandiri bertujuan untuk membantu mereka supaya bankable untuk kemudian bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

"Kalau sudah nabung 3-6 bulan kan bank tahu kemampuan dia (asosiasi digital platform) menabung sekian, mengangsur sekian. Intinya sederhana, gimana caranya bikin mereka jadi bankable," imbuh Adi.

Adapun iuran yang akan ditarik dari peserta Tapera adalah sebesar 3 persen dari penghasilan mereka.

Adi memberikan contoh, apabila pekerja mandiri memiliki pendapatan Rp 4 juta per bulan, maka mereka hanya perlu menabung sebesar Rp 120.000 per bulan ke BP Tapera.

Baca juga: Aturan Kenaikan Harga Rumah Subsidi Terbit Awal 2023

Namun selain asosiasi digital platform, juga ada komunitas agen bank seperti Agen BRI Link, Agen 46, Mandiri Agen, Agen Batara serta komunitas asosiasi seperti IKAPPI, KNTI, NU dan Muhammadiyah.

Melalui perbankan yang sudah ditentukan lewat sejumlah syarat, BP Tapera akan melakukan pendataan dan membuat kriteria untuk pekerja mandiri yang bisa menjadi peserta.

Dua karakteristik utama yang harus ada adalah terkait willingness to pay dan ability to pay.

Karakteristik dasar lain, para pekerja mandiri yang ingin tergabung menjadi peserta BP Tapera harus berusia minimal 20 tahun atau di bawah 20 tahun tapi sudah menikah.

Saat ini, produk perluasaan kepesertaan BP Tapera untuk pekerja mandiri masih digodok dengan target matang pada akhir Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com