Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Lonjakan Lalin Libur Natal-Tahun Baru, Begini Strategi Jasa Marga

Kompas.com - 19/12/2022, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan beberapa strategi dalam pelayanan layanan operasional Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Operation and Maintenance Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita menjelaskan strategi yang dilakukan perseroan dalam konferensi pers di Bekasi, Kamis (14/12/2022).

"Tahun ini, kami menambah alat traffic counting (sebanyak 24 unit) di ruas jalan tol, khususnya Trans-Jawa," terang Atika.

Ini merupakan salah satu upaya perseroan dalam pengembangan teknologi pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kemudian, ada juga pengembangan Dynamic Message Sign (DMS) berbasis Entimated Time Arrival (ETA) dan Enhancement Jasamarga Integrated Digitalmap (JIID).

Lalu, pengembangan notifikasi gangguan ruas jalan tol kepada pengguna jalan di aplikasi Travoy/Whatsapp Blast, beserta implementasinya.

Baca juga: Jasa Marga Kebut Pembebasan Lahan Tol Japek II Selatan Tahun Depan

Pada bidang layanan transaksi, perseroan akan mengoptimalisasi gardu operasi di gerbang tol (GT) utama Cikampek Utama, Ciawi, Kalikangkung, Kalihurip Utama, Banyumanik, dan Warugunung.

Selanjutnya, penambahan gardu operasi di GT Karanganyar dan GT Madiun, fungsional akses KM 99A Cipularang dan akses KM 149A Padaleunyi, serta penambahan mobile reader, dan petugas bantu tapping.

Lalu, layanan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) berupa pengoperasian 60 rest area dan 10 Sistem Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan optimalisasi Rest Area Manage System (RAMS) untuk informasi kapasitas parkir.

Kemudian, pengaturan ulang alur kendaraan, buka/tutup rest area, memastikan kecukupan air bersih dan memfungsikan tambahan toilet, ketersediaan BBM dan layanan top-up saldo e-toll, dan penyediaan posko kesehatan.

Lalu, penambahan petugas keamanan, pengaturan lalu lintas (lalin), kebersihan.

Kemudian, di bidang pelayanan lalin, Jasa Marga membuat pengaturan angkutan barang sumbu tiga ke atas, penambahan indikator rekayasa lalin dengan alat traffic counting dipantau per jam di aplikasi JIID.

Ada juga analisa kapasitas VCR Tol Japek sampai dengan Kalikangkung (diperlukan contraflow 1 lajur dan pengalihan ke jalur alternatif Japek II Selatan saat arus balik), penambahan kendaraan derek, penyiagaan crane untuk mobil storing kendaraan berat dan motor, serta layanan preservasi maupun strategi komunikasi dan manajemen media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com