Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2022, 21:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah susun (rusun) yang diperuntukkan sebagai hunian pekerja konstruksi (HPK) di IKN Nusantara telah mencapai 71,06 persen.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, progres sejauh ini meliputi selesainya pembangunan 15 dari 22 rusun yang ditargetkan.

Saat ini, 15 rusun yang telah terbangun sedang dalam proses penyelesaian kelistrikan dan pemasangan dinding serta toilet untuk para pekerja.

Baca juga: Siap-siap, Rusun Pekerja Konstruksi di IKN Beres Januari 2023

Menurut Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, Pembangunan Rusun untuk hunian pekerja konstruksi di IKN terus berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

“Kami akan berupaya agar proses pembangunannya bisa segera diselesaikan secepatnya," ucap Iwan dalam keterangan resmi yang diterima kompas.com, Jumat (16/12/2022).

Rusun HPK yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan memiliki 4 lantai dan kamar bertipe barak yang dapat menampung 16.608 pekerja.

Kamar-kamar ini akan dilengkapi dengan tempat tidur kamar mandi sehingga para pekerja bisa tinggal dengan nyaman agar dapat fokus dalam membangun infrastruktur di IKN Nusantara.

Selain rusun, kompleks HPK juga akan dilengkapi fasilitas sosial dan umum seperti masjid, mess hall, klinik, dan kantor perwakilan pengelola.

"Untuk membangun struktur modular Rusun setinggi empat lantai memerlukan waktu satu pekan dengan jumlah pekerja 20 orang yang bekerja 24 jam dalam tiga shift,” jelas Kepala Seksi Engineering PT Wijaya Karya Gedung Alam Wicaksono.

Dengan laju ini, Alam optimis pembangunan dapat berjalan dengan baik di lapangan. Diketahui, proyek rusun HPK ditargetkan selesai pada akhir Januari 2023 setelah dimulai pada 29 Agustus lalu.

Pembangunan proyek ini dilakukan oleh PT Wijaya Karya Gedung-PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan skema kerja sama operasi (KSO) dengan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com