Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 09:17 WIB

JAKARTA, KOMPAs.com - Erie Haryadi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) periode 2022-2026.

Pada Musyawarah Nasional (Munas) Inkindo yang digelar sejak Senin (5/12/2022) hingga Selasa (6/12/2022) di Surabaya, Jawa Timur, Erie memperoleh 129 suara dari total 294 suara.

Erie bersaing dengan tiga calon ketua umum lainnya yakni Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Inkindo Sulawesi Selatan Muhammad, Ketua DPP Inkindo DKI Jakarta, Imam Hartawan, dan Ketua DPP Inkindo Kalimantan Selatan Syamsul Arivin.

Baca juga: Strategi 4 Caketum INKINDO Cegah Penyusutan Anggota

Erie yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pemerintahan, Hubungan Internasional dan Pengembangan Pasar Luar Negeri DPN Inkindo bersyukur memperoleh amanah sebagai Ketum DPN Inkindo setelah hampir 1 tahun melakukan kunjungan keliling seluruh Indonesia.

Dijelaskan Erie bersama susunan pengurus yang baru akan melakukan konsolidasi di interbal Inkindo serta membuat program 100 hari kerja.

Di antaranya, regulasi, sertifikasi, pembinaan anggota dan menyelesaikan kesulitan yang dihadapi anggota di daerah.

"Tugas dan tanggung jawab ketua umum sekarang ini sangat berat. Jumlah anggota Inkindo mengalami penurunan dan berbagai masalah lainnya. Dan ini merupakan tantangan buat kami ke depan," kata Erie.

Selain itu, Erie juga akan mendorong terbitnya peraturan presiden (perpres) tentang daya saing jasa konsultan agar pada Desember tahun 2022.

Baca juga: Pesan Ketum INKINDO: Ketua Baru Harus Lebih Bagus

Sementara mantan Ketua Umum Inkindo Peter Frans menuturkan, ketua umum saat ini dihadapkan pada tantangan ke depan yang lebih berat.

Tantangan tersebut berupa regulasi maupun internal dengan adanya penurunan anggota dan ketersediaan personil, supply-demand yang tidak seimbang.

Selain itu, kata Peter, ketua umum juga harus memiliki hubungan yang lebih baik kepada pembuat kebijakan yang dalam hal ini Pemerintah. Kemudian, dapat menyiasati regulasi supaya peningkatan profesionalisme konsultan dapat tercipta.

Munas Inkindo yang digelar dengan tema "Maju bersama, tumbuh bersama", itu seluruh provinsi yang diwakili oleh lima peserta dengan jumlah total 293 peserta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+