Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 07:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinding rumah yang kosong dan polos bisa disulap lebih hidup dengan menambahkan hiasan seperti lukisan atau bingkai foto.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aksen-aksen kayu atau cermin untuk membuat rumah terlihat lebih mewah.

Namun, ada pula cara lainnya yang memungkinkan Anda untuk memiliki dinding dengan satu warna dan tetap terlihat mewah, yaitu dengan menerapkan wall moulding.

Wall moulding adalah sebuah teknik mendekorasi dinding dengan cetakan agar terdapat bagian yang menonjol. Cetakan ini bisa dibuat khusus sesuai keinginan atau menggunakan bentuk cetakan yang sudah ada.

Baca juga: Ini 5 Warna Cat Dinding Ruang Tamu Favorit Tahun 2022

Bila menghias tembok rumah dengan lukisan atau pajangan, Anda memerlukan warna-warna tambahan, berbeda dengan wall moulding yang memanfaatkan tekstur yang menonjol untuk menghias tembok.

Bagian yang menonjol ini bisa dibuat dari berbagai macam material, seperti gypsum, PVC, dan juga kayu.

Penggunaannya pun biasa pada satu sisi ruangan atau tembok saja. Pasalnya, wall moulding digunakan sebagai aksen untuk menonjolkan satu sisi ruangan.

Wall moulding dengan warna gelap bisa menambahkan kesan elegan dalam ruanganShutterstock Wall moulding dengan warna gelap bisa menambahkan kesan elegan dalam ruangan
Anda bisa menggunakan cat tembok berwarna terang atau putih untuk menambahkan kesan luas pada ruangan, dan cat tembok berwarna gelap untuk mendapatkan kesan elegan.

Jika ingin membuat ruangan terlihat lebih mewah dan berwarna, Anda juga bisa mewarnai bagian cetakan dengan warna aksen sesuai dengan desain interior Anda.

Berikut kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan wall moulding sebagai hiasan dinding:

1. Kesan Elegan

Anda tidak perlu menambahkan banyak hal atau warna untuk memberikan kesan elegan dalam ruangan. Anda cukup menambahkan tekstur pada dinding rumah, cat berwarna gelap, dan pencahayaan yang strategis.

2. Fleksibel

Hiasan yang satu ini bersifat fleksibel dan dapat diterapkan di ruangan mana pun, mulai dari ruang tamu hingga kamar mandi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menerapkannya di konsep desain interior mana pun. Wall moulding cocok digunakan di desain minimalis hingga klasik.

3. Solusi untuk tembok yang tidak simetris

Jika terdapat dinding yang tidak simetris atau kurang rapi, Anda bisa menutupinya dengan wall moulding. Hiasan ini menangkap mata sehingga kekurangan pada dinding rumah juga tidak mudah terlihat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com