Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mitigasi Trans Bumi Serbaraja jika Banjir Terjadi Lagi di Ruas Serpong-Pondok Aren

Kompas.com - 05/12/2022, 19:00 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Terkait pertanyaan media dan masyarakat khususnya di BSD City mengenai sosialisasi pengalihan lalu lintas dan atau penutupan situasional ruas Tol Serpong–Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A, Sinarmas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Ruas Serpong–Balaraja telah mendapat surat sosialisasi rekayasa lalu lintas akibat limpasan air sungai Cibenda di Km 8. 

Surat sosialisasi tersebut berasal dari PT Bintaro Serpong Damai (BSD), anak usaha Margautama Nusantara (PT MUN) selaku BUJT Tol Pondok Aren-Serpong.

Baca juga: Banjir Terus Berulang di Tol BSD, Ini Akar Masalah dan Solusinya

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (5/12/2022), disebutkan jika ketinggian air di Km 8 Ruas Serpong-Pondok Aren telah mencapai 20 cm pada lajur jalan tol dengan elevasi jalan paling tinggi, maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas. 

Rekayasa yang dilakukan berupa penutupan Gerbang Tol (GT) Pondok Ranji arah Serpong dan akses masuk jalan tol arah Jakarta.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan akses para pengguna jalan yang akan memasuki jalan tol.

Jika situasi di ruas tol milik BSD terjadi genangan air dan penutupan, Bumi Serpong Damai (BSD) City tetap dapat diakses melalui alternatif rute Tol Jakarta–Merak dan Tol Kunciran–Serpong.

Kedua jalan tol tersebut terintegrasi ke ruas Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) dan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

Managing Director President Office Sinarmas Land Dony Martadisata mengatakan, ruas Tol Serpong-Pondok Aren berada di area Bintaro yang dikenal sebagai Tol BSD.

“Untuk penjelasan terkait jalan tol kami berharap jangan gunakan singkatan BSD tetapi ganti saja dengan nama ruas jalan tol,” jelas Dony.

Menurutnya, sebagai BUJT Tol Serpong–Balaraja yang terhubung dengan Jalan Tol Pondok Aren–Serpong, turut berpartisipasi menjaga kenyamanan pengguna jalan tol khususnya warga dan pengunjung BSD City agar tidak terjebak macet.

Baca juga: Bidik Generasi Milenial, Sinar Mas Land Rekonstruksi DP Mall Semarang

“Bila terjadi genangan, kami akan melakukan sosialisasi pengalihan lalu lintas dan atau penutupan ruas Tol Serpong–Balaraja arah ke Jakarta secara situasional, sehingga dapat mencari alternatif jalan lain. Perusahaan pun konsisten mengerahkan tim untuk memantau dan membantu penertiban pengalihan lalu lintas pada situasi tersebut,” tambah Dony.

Ruas Tol Serbaraja seksi 1A merupakan bagian pertama yang rampung dibangun dan sudah resmi beroperasi. Saat ini, PT Trans Bumi Serbaraja juga sedang melanjutkan pembangunan ruas tol untuk seksi 1B.

Nantinya Tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang 40 km yang terbagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong–Legok (9,8 km), seksi II Legok–Pasir Barat (11,5 km), dan seksi III Pasir Barat– Balaraja (18,6 km).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+