Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 12:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I) melalui Tarsus Indonesia telah menyelenggarakan Infrastructure Connect 2022 pada 23-25 November 2022 di Hall D2, Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran konstruksi dan infrastruktur ini berhasil menggaet 6.871 pengunjung dengan total 112 peserta.

Sederet peserta tersebut merupakan gabungan dari arsitek, kontraktor, pengembang properti, pengembang infrastruktur, distributor, agen, lembaga, asosiasi hingga para investor dari dalam dan luar negeri.

Adapun highlight khusus yang dibawa dalam Infrastructure Connect 2022 adalah imbauan untuk menggunakan produk dalam negeri atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri pembukaan acara pada November lalu.

Baca juga: Basuki Luncurkan Siprabu dan Sipadu, Dukung Pembiayaan Infrastruktur

"Pembangunan infrastruktur yang mandiri menggunakan produk dalam negeri dan juga perintah Bapak Presiden dilarang impor. Kalau dulu mengutamakan produksi dalam negeri, tapi yang sekarang perintahnya dilarang impor," ucap Basuki.

Sebagai informasi, pameran ini menggabungkan 3 acara dalam 1 wadah yang khusus menyoroti pengembangan jasa konstruksi dan infrastruktur di Indonesia.

Acara pertama dari ketiga acara yang dimaksud adalah Konstruksi Indonesia oleh Kementerian PUPR.

Konstruksi Indonesia 2022 merupakan agenda tahunan resmi Kementerian PUPR untuk mendorong pertumbuhan sektor penyelenggara jasa konstruksi bagi pembangunan infrastruktur berkelanjutan serta menggerakan perekonomian.

Kedua adalah Indonesia Infrastructure Week 2022 oleh KADIN Indonesia. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Baca juga: Agar Kasus Suparwi Tak Berulang, Wajib Diketahui Proses Ganti Rugi Tanah untuk Infrastruktur

Ketiga adalah Beton Indonesia 2022 yang merupakan program dari AP3I. Program ini bertujuan untuk memberikan informasi produk dan inovasi beton dalam pembangunan di Indonesia.

Pameran infrastruktur ini juga melibatkan 4 usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdiri dari industri cat tembok, pemadam api, tangki air dan mekanikal elektrikal.

Adapun beberapa acara yang diselenggarakan antara lain konferensi, dialog pengadaan, hingga Anugerah Konstruksi Indonesia untuk peserta yang punya produk berteknologi inovatif dalam konstruksi dan infrastruktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+