Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Jokowi, Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Dua Kota Ini Segera Dimulai

Kompas.com - 30/11/2022, 13:19 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Kota Makassar dan Kota Manado.

Hal itu dilakukannya saat meresmikan AMN pertama di Indonesia yakni di Kota Surabaya pada Selasa (29/11/2022).

Di dalam dialog bersama para pimpinan daerah melalui konferensi video, Presiden mengatakan bakal menginstruksikan menteri terkait untuk segera memulai pembangunan AMN di Makassar dan Manado.

"Berarti di Makassar bisa segera dimulai. Saya kira di Manado juga bisa (dimulai). InsyaAllah saya nanti juga perintahkan menteri untuk segera dimulai," jelasnya dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Baca juga: Kelar Diresmikan Jokowi, Ini Potret Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

Mengingat rencananya AMN dibangun di 6 kota/kabupaten, yaitu Kota Jakarta Selatan, Kabupaten Bantul, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Makassar, serta Kota Manado.

Tujuannya agar mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dapat saling mengenal dan menghargai budaya masing-masing dan menjaga kerukunan serta kekompakan.

"Kita ini negara besar dan bangsa yang besar, keberagaman Indonesia ini akan menjadi kekuatan dan bukan kelemahan kalau kita bisa kompak rukun dan bersatu, yang paling penting saling mengenal," tandas Jokowi.

Untuk diketahui, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengemban tugas untuk membangun AMN yang didasari oleh Peraturan Presiden (Perpres) No. 106 Tahun 2021 tentang Asrama Mahasiswa Nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com