Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Hal yang Dicari Generasi Muda saat Beli Rumah

Kompas.com - 26/11/2022, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisa memiliki rumah pribadi adalah impian banyak orang, tidak terkecuali bagi generasi muda.

Sebagai tempat tinggal dan investasi properti jangka panjang, tentu terdapat beberapa kriteria yang diinginkan oleh pembeli rumah dari generasi muda sebelum melakukan transaksi.

Seperti salah satu pengunjung di Talkshow Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022 bernama Dika yang berumur 23 tahun.

Menurutnya, kawasan rumah yang ramah lingkungan menjadi hal penting dan tidak boleh terlewatkan.

"Ya itu menjadi prioritas banget. Ketika mungkin kegiatan sampai malam lalu pulang ke rumah dan masuk klaster pasti enak gitu," jelas Dika di Jakarta pada Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Khusus MBR, Segini Biaya Pembuatan PPJB Rumah Subsidi di Notaris

Selain itu, ukuran rumah juga menjadi hal penting lain. Sementara dirinya tertarik dengan rumah berukuran 75 meter persegi.

Beralih ke pengunjung lain yang berusia 36 tahun bernama Joan. Dirinya berpendapat bahwa kawasan rumah ramah lingkungan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam membeli rumah.

Kendati demikian, soal harga dan kualitas rumah turut menjadi hal penting mengingat fungsi rumah yang akan digunakan secara jangka panjang.

"Kalau saya harga dan material yang cukup baik, harganya sesuai bukan murah, di harga Rp 1-2 miliar," ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Lain halnya dengan Jihan yang berusia 25 tahun. Menurut Jihan, lokasi menjadi kriteria utama ketika para generasi muda ingin membeli rumah.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Bikin Taman di Depan atau di Belakang Rumah?

Selain lokasi, material bangunan, kualitas lingkungan hingga desain rumah turut hadir dalam daftar pertimbangan generasi muda.

"Top of mind-nya lokasi, yang prioritas lokasi, kemudian material bangunan dan baru kualitas lingkungannya. Kemudian desain rumahnya misal banyak bukaan, desain-desain terbaru dan ramah lingkungan," kata Jihan.

Dengan demikian, kriteria apa yang menjadi pertimbangan Anda ketika membeli rumah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com